Yunus Anis: Madrasah Harus Terapkan Budaya Peduli Lingkungan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang  – Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis  menegaskan seluruh guru, siswa dan karyawan MTsN 2 Remnbang harus peduli terhadap lingkungan. Budaya ini bertujuan untu menanamkan karakter seluruh warga madrasah.

Menurut Anis, madrasah merupakan lembaga yang strategis dalam menerapkan budaya peduli akan kondisi lingkungan hidup. Hal ini disampaian  saat menerima pesanan tempat sampah, Senin  (23/5).

Menurut Yunus Anis, di era sekarang madrasah bukan hanya sebagai tempat belajar saja bagi siswa, tetapi madrasah  juga sebagai tempat strategis  untuk menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan hidup.

“Madrasah memiliki peran untuk menanamkan  peserta didik agar mempunyai kesadaran akan fungsi dari lingkungan hidup itu sendiri”ungkap Yunus Anis.

Pengadaan tempat sampah organik dan anorganik menjadi salah satu prioritas dalam mewujudkan MTs Negeri 2 Rembang sebagai madrasah sehat.

Ahmad Makhim Arsanto, selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan bahwa pihaknya mempunyai kewajiban untuk memberikan pembinaan kepada para siswanya dalam  menjaga keseimbangan unsur-unsur lingkungan hidup.

“Terkaitan dengan kebersihan, keindahan dan kesehatan bisa diterapkan oleh madrasah  mulai dari hal yang kecil, seperti membiasakan membuang sampah pada  tempatnya,” jelas Makhim Arisanto.

Untuk dapat menerapkan kebiasaan tersebut maka madrasah berupaya menyiapkan tempat sampah yang akan di tempatkan di masing-masing kelas, ruang guru dan kantor. (Wient/iq/rf)