Berita

Halaman Berita

NGOPI, Sarana Berbagi Informasi dan Solusi Masalah Pendis

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 20 Maret 2019

* Plt. Kepala Kantor Kemenag Kab. Demak Muhaimin bersama Kasi Pendidikan Agama Islam (PAIS) dan diikuti 50 peserta terdiri dari guru pendidikan agama islam (GPAI) TK , SD, SMP, SMA, SMK dan pengawas menengah. 20-03-2019

Demak -  Misi Kementerian Agama salah satunya adalah meningkatkan pemahaman dan pengamalan Agama, oleh karena itu salah satu upaya untuk mewujudkan misi tersebut, Menteri Agama RI mengajak seluruh jajarannya untuk Ngobrol Pendidikan Islam (NGOPI). Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten Demak, Muhaimin pada acara NGOPI di Hotel Amantis Demak pada Kamis (20/03).

Kegiatan  tersebut dilaksanakan oleh Seksi  Pendidikan Agama  Islam (PAIS) Kantor Kemenag Kabupaten Demak yang diikuti  50 peserta terdiri dari Guru Pendidikan Agama Islam  (GPAI) TK , SD, SMP, SMA, SMK dan pengawas menengah.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama Islam  Kantor Kemenag Kabupaten Demak, Azhar Wibowo selaku ketua panitia  menuturkan,  bahwa kegiatan NGOPI ini merupakan program pendis  yang merupakan kegiatan perdana pada Seksi Pendidikan Agama  Islam (PAIS)  Kantor Kemenag Kabupaten Demak, oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan solusi terhadap permasalahan tentang pendidikan Islam di Kabupaten Demak.

“Dengan Ngobrol Pendidikan Islam (NGOPI) ini kita bisa berbagi informasi dalam rangka meningkatkan pendidikan Islam,” jelas Azhar.

Muhaimin selaku narasumber menjelaskan, bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama dan keagamaan diantaranya adalah adanya guru agama yang profesional yakni menguasai ilmu agama dengan baik dan mempunyai  pengetahuan yang cukup tentang ilmu agama.

“Saya kira kurang pas kalo ada guru agama tetapi dia sendiri tidak memahami ilmu agama, ini bisa menjadi musibah bagi madrasah/sekolah,” jelasnya.

Lebih lanjut Muhaimin berharap,  dengan kegiatan ngopi harus ada perubahan  yang dilakukan dalam lingkungan pendidikan, tentu dari unsur pendidik  atau tenaga pendidikan yang merubah paradigmanya sesuai kondisi peserta didik sekarang.

“Minimal yang harus dilakukan menghadirkan diri sebagai motivator yang baik sekaligus memberikan wawasan yang lebih luas sesuai tantangan  zaman,” harapnya.

Tugas guru tidak ringan, tetapi apabila para guru bisa bekerja dengan profesional, maka akan timbul keihlasan dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga pemerintah akan memperhatikan  guru seperti  gaji pokok , tunjangan fungsional, sertifikasi guru dan alin-lain.

“Semua ini diberikan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” pungkas Muhaimin.(ms/Wul)


Dibaca sebanyak 50 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Evaluasi UAMBN Memperbaiki Mutu Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga - 19 Juni 2019

Kemenag Pati Beri Reward Bagi Peserta Didik dan Guru Berprestasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 19 Juni 2019

Pendidikan ala Pesantren Sejak Kecil akan Melekat Hingga Tua Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 19 Juni 2019

Informasi Penting


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap III Subbag Inmas 01 - 14 Juni 2019


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap II Subbag Inmas 01 - 27 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial