Harapan Kepala MIN 1 Sragen, Guru Lebih Kreatif pada Masa Pandemi

Sragen- Pandemi COVID 19 di Indonesia sudah hampir berlangsung selama satu tahun. Dan tentunya pembelajaran jarak jauh juga sudah dilaksanakan setahun belakangan ini.  Kondisi ini membuat pembelajaran berjalan kurang efektif seperti saat pembelajaran tatap muka. Akan tetapi, dengan adanya pandemi membuat guru lebih kreatif dan melakukan berbagai inovasi pembelajaran.

Hal itu disampaikan Kepala MIN 1 Sragen, Ruslan Haifani saat melaporkan prestasi yang diraih siswanya kepada Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Sragen, Senin (15/02) melalui pesan Whatsapp.

“Dalam kondisi apapun kita sebagai guru tidak boleh gampang menyerah, kondisi apapun yang menimpa kita, seperti pandemi covid-19 ini harus dapat disikapi secara bijaksana dan kreatif, gali potensi diri untuk meraih prestasi terbaik,” kata Ruslan.

Pada laporanyya, Ruslan Haifani menyampaikan bahwa Lima siswa MIN 1 Sragen mampu meraih medali di tingkat Nasional. Prestasi kali ini diraih dalam ajang lomba Olimpiade Rihand Creative-I 2021 yang dilaksanakan secara online menggunakan sistem CBT.  Dalam ajang lomba ini 2 siswa MIN 1 Sragen meraih 2 medali dalam bidang Sains dan Matematika.  Ananda Miftakh ‘Ainun Navisa meraih medali perak dalam bidang Sains dan dalam bidang Matematika meraih medali perunggu atas nama Nur Aliffia Arima Oktaviani.

Prestasi terbaru selanjutnya diraih dalam ajang lomba yang diadakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia(POSI) tingkat siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se-Indonesia. Dalam ajang ini tiga siswa MIN 1 Sragen berhasil meraih 3 medali dalam 2 kategori. Kategori Kompetisi Sains Indonesia (KSI) POSI 2021 atas nama Kaysya Filza Zahra meraih medali perak dan Keisha Ivana Latif meraih medali perunggu. Untuk kategori Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI) POSI 2021 meraih medali perunggu atas nama Nur Aliffia Arima Oktaviani.

Menurut Ruslan, Prestasi-prestasi yang diraih menjadi bukti kerja keras guru dalam melaksanakan pembelajaran dan diharapkan mampu menjadi penyemangat untuk meraih prestasi-prestasi lainnya di masa mendatang. (ira/reni/qq)