Tingkatkan Kompetensi Penghulu, Kemenag Selenggarakan Bimtek

Purworejo – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo melalui Seksi Bimas Islam menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Kompetensi Penghulu yang diikuti oleh tiga puluh orang kepala KUA dan penghulu se-Kabupaten Purworejo pada Kamis (1/4).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula KPRI Hikmah tersebut menghadirkan tiga orang narasumber sesuai bidangnya. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, H. Fatchur Rochman, M.Pd.I. Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kankemenag Kabupaten Purworejo itu menyampaikan bahwa tantangan penghulu semakin berat. “Kemampuan seorang penghulu tidak hanya sekedar sebagai pengawas dan pencatat peristiwa nikah saja namun ada banyak hal yang harus dikuasai selain pemahaman akan fatwa hukum munakahat dan bimbingan muamalah. Penghulu diharapkan mampu menjalin hubungan harmonis dengan lembaga terkait sebagaimana indikator kompetensi yang ada yaitu kompetensi inti, kompetensi manajerial dan kompetensi teknis,” ungkapnya.

Materi lainnya yaitu paparan mengenai Jabatan Fungsional Penghulu yang disampaikan oleh Kasi Bimas Islam, Uan Abdul Hanan dan Penyusunan PAK Penghulu yang disampaikan oleh Analis Kepegawaian, Ismuhayadi. Menurut Herdiana Woro Supeni selaku panitia kegiatan, bimtek ini penting untuk mengingatkan kembali pemahaman penghulu akan bidang tugasnya. (hws/sgy/bd)