Purworejo Menuju Digitalisasi Layanan Tata Persuratan

Purworejo – Digitalisasi kini menjadi suatu tuntutan dari transformasi pelayanan yang mensyaratkan kecepatan dan kemudahan. Hal ini terangkum dalam Sosialisasi Aplikasi Tata Persuratan Dinas (Tasurdin), di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Senin (29/11/2021).

Kepala Kankemenag Kab. Purworejo, Fatchur Rochman, saat membuka kegiatan ini menyatakan bahwa aplikasi persuratan dimaksudkan untuk mengoptimalkan kinerja pegawai dengan membuat sistem yang efisien dan efektif. “Seluruh pegawai akan menjadi pengguna Aplikasi Tasurdin tanpa terkecuali,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut Fatchur Rochman, ia mengajak seluruh pemangku kepentingan di Kankemenag Kab. Purworejo agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan senantiasa menyesuaikan perkembangan zaman. Di hadapan para peserta yang terdiri dari pejabat struktural berikut pelaksana pada masing-masing Seksi dan Penyelenggara di lingkungan Kankemenag Kab. Purworejo, kepala kantor memaparkan bahwa Aplikasi Tasurdin merupakan salah satu program Gus Menteri dalam upaya mengembangkan transformasi digital pada Kementerian Agama. “Pelayanan kepada masyarakat tidak hanya menyuguhkan keramahan, namun juga harus menyajikan kecepatan. Apalagi kita tengah menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Nuqson Masykur Huda sebagai narasumber menekankan bahwa proses administrasi persuratan sudah saatnya dibuat secara otomatis dan tersistem. Selain paperless, administrasi yang tersistem membuat proses berjalan dengan lebih mudah dan cepat karena dapat dipantau secara realtime sehingga aktivitas administrasi dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. “Dengan aplikasi ini, administrasi persuratan dapat dilakukan tanpa mengenal waktu dan tempat, sehingga mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” jelas ASN yang menjabat sebagai Pranata Komputer Ahli Muda ini. (anf/sgy/bd)