Kemenag Gandeng PMI Selenggarakan Donor Darah

Purworejo – Dalam rangka HAB ke-76 Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo menyelenggarakan donor darah massal yang bertempat di aula kantor pada Selasa (28/12/2021). Peserta terdiri dari pegawai di lingkungan kemenag, KUA, guru madrasah negeri, dan penyuluh honorer. Dari 56 calon pendonor, yang lolos tahap screening ada 39 orang. “Alhamdulillah kita dapat 39 kantong dengan rincian golongan darah A sebanyak 11 kantong, B 9 kantong, AB 1 kantong, dan O 18 kantong,” kata Muhamad Basuni, Penyelenggara Zakat dan Wakaf yang bertindak selaku ketua panitia.

Kegiatan dibuka oleh Plt. Kasubbag Tata Usaha, Harwal Masyhuda. Dalam sambutannya, Harwal mengungkap bahwa kegiatan donor darah merupakan agenda rutin Kankemenag Kabupaten Purworejo tiap tahun yang dikemas dalam kegiatan baksos sebagai rangkaian dari peringatan HAB Kemenag. “Kegiatan ini adalah sumbangsih Kemenag untuk masyarakat Purworejo. Peringatan HAB Kemenag tidak kita isi dengan kegiatan hingar bingar namun lebih kepada perwujudan nilai-nilai sosial,” ujarnya.

Sementara itu, dari hasil screening yang mendapati sebanyak 17 orang gagal menjadi pendonor, petugas dari PMI Purworejo Yuli Wulan Retnaningsih menyampaikan telaahnya. “Sebagian besar kegagalan dikarenakan banyak calon pendonor yang mengkonsumsi obat diantaranya antibiotik dan obat tensi. Sedangkan salah satu syarat lolos screening adalah pendonor bebas dari obat-obatan tersebut,” ungkapnya. Terakhir, Yuli berterima kasih kepada Kemenag maupun instansi lain yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah secara rutin karena hal tersebut sangat membantu PMI dalam menjaga ketersediaan stok darah. (yr/sgy/bd)