Alfinatus Syifa, Santri Asal Demak Raih Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia di Ajang Pospeda Jateng

Demak – Santri utusan dari Kabupaten Demak meraih juara pertama lomba Pidato Bahasa Indonesia Putri pada Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Daerah (Pospeda) ke-9 tingkat Jawa Tengah yang digelar di MAN 1 Kota Surakarta, Sabtu-Minggu (27 – 28/08).

Dia adalah, Alfinatus Syifa, seorang santriwati dari Pondok Pesantren Asy-Syarif Desa Serangan Kecamatan Bonang yang diasuh oleh KH. Ahmad Nawawi Ali. Dengan tampil meyakinkan serta penguasaan materi yang baik, ia mampu meraih juara pertama menyisihkan 34 peserta lainnya dari kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Raihan ini sejalan dengan harapan yang disampaikan Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag Demak, Ahmad Anas, saat pelepasan kontingen,“ Selamat berlomba, kalian adalah orang-orang terpilih yang mewakili Kabupaten Demak. Berlombalah dengan spirit juara. Mudah-mudahan dengan doa kalian dan kita semua, kalian mampu meraih prestasi yang terbaik.”

Prestasi yang diraih Fina, panggilan akrab dari Alfinatus Syifa, bukanlah sebuah raihan yang instan. Menurut Nur Sayyidah selaku pembina, selain aktif di kepengurusan pondok, Fina juga pernah juara 3 lomba pidato yang diselenggarakan oleh Remaja Masjid Agung Demak beberap bulan sebelumnya.

“Dengan aktif menjadi pengurus pondok pesantren serta pengalamannya mengikuti lomba pidato, menuntutnya banyak berkomunikasi di depan para santri atau khalayak umum. Sehingga dengan begitu mentalnya terbangun dan bakat pidatonya terasah,” ungkap Nur Sayyidah.

Penghargaan berupa piala dan uang pembinaan diserahterimakan langsung secara berurutan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad dan Kabid PD Pontren H. Nur Abadi kepada Fina. Dan dengan rasa bangga disaksikan oleh Kepala Kemenag Demak, H. Ahmad Muhtadi serta para pejabat lainnya yang hadir dalam acara  penutupan sore itu, Minggu (28/08).

Usai penyerahan penghargaan, H. Ahmad Muhtadi pun turut memberikan ucapan selamat. “Selamat ya, saya turut bangga sekaligus berterimakasih mbak Fina telah membawa nama baik Kabupaten Demak,”ucapnya.  “Selanjutnya terus asah dan tingkatkan kemampuannya untuk persiapan menuju Pospenas,” pesan Muhtadi yang dijawab Fina dengan anggukan.

Sebagai informasi, Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) sendiri akan berlangsung pada bulan November 2022 mendatang. Yang tentunya Alfinatus Syifa sendiri akan menjadi duta dari Provinsi Jawa Tengah di ajang tingkat nasional itu. Bisa diapstikan, bembinaan akan terus Fina dapatkan sebagai persiapan dan pematangan.(msr/rf).