Launching “E-Majalah Kalijaga Media” Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Demak

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak, Perkembangan teknologi informasi pada abad 21 sangat cepat menyentuh segala kalangan, tak terkecuali para peserta didik. Selain banyaknya sosial media, majalah elektronik juga berkembang pesat. Untuk mewujudkan madrasah yang kreatif, inovatif, dan berwawasan luas, MTs Negeri 4 Demak melakukan peluncuran majalah digital yang diberi nama Kalijaga Media. Majalah yang terbit setiap semester tersebut adalah hasil kreativitas madrasah untuk memberikan wadah bagi guru dan siswa dalam berkreasi dan bereksplorasi.

Dalam peluncuran edisi pertama E-Majalah Kalijaga Media di Aula MTs Negeri 4 Demak pada hari Rabu, tanggal 17 Agustus 2022, yang bertepatan dengan HUT RI ke 77 Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan, Afifudin mengatakan dengan terbitnya majalah elektronik ini seingga dapat menambah daya minat literasi dan kreasi baik, dari peserta didik maupun guru.

Kepala MTs Negeri 4 Demak, H. Ali Murtandlo menjelaskan bahwa pemilihan nama Kalijaga Media terinspirasi dari Sunan Kalijaga (Raden Said) yang menyebarkan islam di kabupaten Demak khususnya, sehingga E-Majalah Kalijaga Media dapat meniru dengan cara menyebarkan informasi positif, khususnya dilingkungan Demak khususnya.

“Harapan kami, semoga majalah digital ini dapat terus berkarya sehingga dapat dijadikan media informasi yang positif serta menjadi wadah kreativitas guru dan siswa. Serta kedepannya majalah ini dapat segera memiliki nomor ISSN (International Standard of Serial Number) yang merupakan tanda pengenal unik setiap terbitan berkala yang berlaku global.

Majalah digital Kalijaga Media berisi mengenai artikel dari beberapa sumber, informasi umum, informasi madrasah, teks bahasa asing, foto kegiatan madrasah, serta beberapa kreasi siswa. Beberapa majalah juga dicetak untuk arsip madrasah serta koleksi perpustakaan. Majalah ini digunakan sebagai sarana komunikasi bagi warga madrasah serta  antara madrasah dengan pihak lain. Selain itu Majalah digital ini dapat dibaca pada laman (https://online.fliphtml5.com/shfpb/wdxo/). (msr/rf).