245 Calon Siswa Ikuti Uji Kompetensi PPDB MTsN 3 Rembang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Sebanyak 245 calon siswa baru MTsN 3 Rembang mengikuti Uji kompetensi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Sabtu (11/6/2023). Sebelum calon siswa mengikuti Uji Kompetensi (UK) yang diselenggarakan oleh Madrasah, para siswa terelebih dahulu diajak untuk bermakhalul qiyam di lapangan upacara.

Selutruh panitia PPDB mengikuti kegiatan ini dengan hidmat. Hal ini membuat para orang tua wali yang mengantarkan putra putrinya merasa kagum dan bersyukur bahwa anaknya nanti akan mendapatkan pendidikan dimadrasah yang kental dengan nuansa islami.

Mariono orang tua salah satu siswa mengatakan sangat bahagia dan senangĀ  bersama dengan putranya bisa mengikuti kegiatan makhalul qiyam di madrasah. “saya merasa senang dan bahagia, sudah tepat saya memasukkan putra saya ke madrasah ini. ternyata anak saya akan didik dengan baik dan akan selalu diarahkan ke jalan yang benar hal ini terlihat dengan anak saya diajak untuk bersholawat,” katanya.

Hal senada juga dilontarkan oleh Sri maryati yang juga mengantarkan keponakannya. Ia merasa senang sekali akan kegiatan harian dari siswa siswi MTsN 3 Rembang ini.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Chairur Rohmad menyampaikan, panitia sudah merencakan dan membuat kegiatan yang nantinya bisa menggugah hati para wali siswa yang mengantar, kegiatan itu diawali dengan bacaan makhalul qiyam, pengumuman penerimaan siswa baru dan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan uji kompetensi bagi siswa baru. “Panitia PPDB tahun ini bersemangat sekali untuk bisa menghadirkan berbagai kegiatan yang sudah dijalankan di madrasah ini, sehingga orang tua wali bisa mengetahui secara langsung kegiatan positif tersebut,” terangnya .

“Kegiatan diawali dengan pembacaan makhalul qiyam, dilanjutkan pengumuman penerimaan baru, bagi siswa yang dinyatakan diterima akan melaksanakan uji kompetensi yang sudah disiapkan oleh panitia,” paparnya lagi.

Memantau

Kepala Madrasah Masrum yang juga hadir dalam kegiatan tersebut selalu memnatau dan mengarahkan bapak ibu guru untuk bisa memberikan layann yang terbaik bagi calon siswa baru ataupun orang tua yang mengantar.

“Alhamdulillah untuk tahun 2023 ini Mrdarsah mendapatkan berkah dari Alloh SWT dengan memberikan kepercayaan kepada kami dengan siswa yang banyak yakni sejumlah 245 siswa. Kami yakin masih bisa bertambah karena yang dari pondok sekitar madrasah belum mendaftar semua. Kami memberikan kebijakan kepada santri pondok berupa toleransi pendaftaran yang agak panjang dibanding dengan pendaftar umum,” katanya di sela-sela kesibukan memantau bapak ibu guru.

“Saya himbau dan saya sangat berharap bapak ibu guru turun langsung untuk bisa saling bahu membahu agar mampu melayani calon siswa baru beserta orang tua wali yang membutuhlan bantuan, jangan sampai mereka menunggu terlalu lama. kita harus bisa memberikan layanan prima bagi mereka,” terangnya.

“Adapun uji kompetensi ini dimaksudkan agar madrasah mengetahui kemampuan para siswa siswinya, sehingga nanti bisa menjadi acuan bagi madrasah dan guru untuk bisa memberikan pembelajaran maupun model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa,” katanya.

“Madrasah ini juga membuka kelas unggulan. Masing-masing kelas unggulan mempunyai karakteristik dalam pola belajar, sehingga dengan diketahui kemampuan para siswa diharapkan antinya mampu menempatkan para siswa baru di kelas yang sesuai dengan potensi dan kemampunnya,” terangnya lagi.(iq/rf)