Adakan Kemah Ujian SKU, Pramadista MTsN 2 Sragen Kukuhkan Tingkat Pramuka Penggalang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen Pramuka MTsN 2 Sragen (PRAMADISTA) mengadakan kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) seraya melaksanakan ujian SKU (Syarat Kecakapan Umum) pada Sabtu-Minggu, 1 – 2 Juli 2023 di halaman madrasah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VII tahun pelajaran 2022/2023.

PRAMADISTA kembali menunjukkan eksistensinya dengan melaksanakan kegiatan Persami. Kali ini, kegiatan persami diisi dengan melaksanakan ujian SKU (Syarat Kecakapan Umum) bagi siswa kelas VII sebagai salah satu syarat kenaikan tingkat kepramukaan Penggalang. Menariknya, kegiatan persami ini dibarengi dengan momen peringatan hari raya Idul Adha.

Ujian SKU merupakan bentuk realisasi program kerja Dewan Ambalan Pramuka MTsN 2 Sragen. Sejumlah 344 siswa kelas VII tahun pelajaran 2022/2023 mengikuti kegiatan dengan baik. Wakamad bidang kesiswaan, Sadi Saksono, S.Pd dalam pembukaan Persami Sabtu pagi menyebutkan bahwa kegiatan persami sebagai syarat kenaikan tingkat.

“Kegiatan Persami merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas VII yang naik ke kelas VIII sebagai syarat kenaikan tingkat pramuka. Ujian SKU ini  akan mengukuhkan tingkatan mereka sebagai  Pramuka Penggalang,” jelas Sadi.

Rangkaian kegiatan di hari pertama adalah  upacara pembukaan, ujian keagamaan, dan wide game sekaligus ujian SKU, serta kegiatan pentas seni dan malam api unggun. Untuk hari kedua, kegiatan berupa  wide game lanjutan dan diakhiri dengan upacara penutupan.

Seluruh rangkaian uji SKU tersebut merupakan gambaran materi yang telah mereka peroleh selama mengikuti latihan Pramuka  setiap pekannya. Ini merupakan  bukti bahwa mereka telah paham dan cekatan dalam berpramuka. Selain itu, ujian SKU juga  bertujuan untuk menguji sampai di mana pengetahuan mereka tentang kepramukaan. Setiap anggota Pramuka harus cerdas, tangkas, dan ikhlas sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka yang menjadi panduan dalam kegiatan kepanduan.

Sementara itu, di sela-sela kesibukan mengawal adik-adik Pramuka, Pembina Pramuka MTsN 2 Sragen, Kharisma Dyah menyebutkan bahwa ujian SKU ini merupakan syarat kenaikan tingkat dari penggalang biasa menjadi penggalang ramu.

“Ujian SKU ini sebagai syarat kenaikan tingkat siswa kelas VII dari pramuka penggalang biasa menjadi pramuka penggalang ramu. Adapun materi yang diujikan adalah semua materi di buku saku Pramuka,” ucap Kharisma.

Dalam kesempatan yang sama, Plh Kepala MTsN 2 Sragen, Drs.H. Sumarna, M.M menyebutkan bahwa persami bertujuan membentuk karakter siswa dengan banyak berlatih disiplin, bertanggung jawab dan menumbuhkan kepekaan sosial serta kesetiakawanan. Melatih diri hidup berpisah dengan orang tua agar bisa  melatih  jiwa kemandirian.

“Dengan ditanamkannya kerakter displin, mandiri, dan bertanggung jawab tersebut semoga menjadi generasi yang bisa menghadapi segala tantangan. Seluruh peserta Persami harus senantiasa mencintai lingkungan dan selalu menjaga serta melestarikan alam,” pesan Sumarna.

Kegiatan persami ditutup dengan upacara penutupan dan penyerahan hadiah lomba kepramukaan. Juara wide game yaitu kelas 7C, 7H, dan 7I. Juara pentas seni yaitu kelas 7I, 7H dan 7G. Para pemenang memperoleh hadiah dan snack necklace.(zhr/Sua)