Berangkatkan 275 Jemaah Haji, Ini Pesan Bupati Rembang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz memberangkatkan 275 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 9. Pemberangkatan ini berlangsung pada Rabu (8/6/2022) di kompleks Pendopo Museum Kartini Rembang.

Pemberangkatan ditandai dengan pengibasan bendera oleh Bupati sekitar pukul 08.50 WIB. Ratusan jemaah haji ini bertolak menuju asrama Haji Donohudan, Boyolali dengan mengendarai 8 bus. Rinciannya, 7 bus utama dan 1 bus cadangan.

Turut hadir dalam upacara pemberangkatan ini, Wakil Bupati Rembang, jajaran pejabat Forkompinda, Kakankemenag Kabupaten Rembang beserta jajarannya.

Ratusan keluarga mengantarkan jemaah haji yang tergabung dalam kloter 9, Rabu 8 Juni 2022 dari kompleks Pendopo Museum Kartini Rembang.

Keberangkatan berlangsung khusyuk diiringi dengan lantunan azan dan kalimat talbiyah dari petugas. Ratusan keluarga jemaah tampak mengiringi pelepasan jemaah haji ini dengan isak tangis haru. Kloter 9 ini terjadwal sampai ke asrama Haji Donohudan Rabu, 8 Juni 2022 pukul 14.00 WIB. 275 jemaah ini akan bergabung dengan jemaah haji asal Kudus. Mereka akan bertolak menuju Arab Saudi pada Kamis, 9 Juni 2022 pukul 14.05 WIB.

Sebelum pemberangkatan, diadakan upacara pelepasan jemaah haji kloter 9 di Pendopo Museum Kartini.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan pesan kepada jemaah haji. Pertama, apabila mengalami kesulitan atau kebingungan, segera hubungi petugas. “Bapak Ibu jangan khawatir. Pemerintah sudah menyiapkan petugas, baik pembimbing maupun Kesehatan. Jadi tidak usah berkecil hati, jika menemui masalah di sana segera minta bantuan petugas,” tuturnya.

Kedua, jemaah haji diminta untuk selalu menjaga Kesehatan. Antara lain dengan banyak minum air putih, makan buah dan memakai masker. “Saya pantau cuaca di sana di atas 50° C. Karena itu, banyaklah minum air putih dan makan buah supaya tidak mudah sakit,” pesannya.

Ketiga, Bupati meminta jemaah haji agar menjaga nama baik Indonesia. “Jemaah haji asal Indonesia itu dikenal paling sopan. Karena itu jagalah nama baik Rembang, jangan bikin kegaduhan,” ujarnya.

Bupati juga memohon jemaah haji mendoakan pemerintah Kabupaten Rembang agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik untuk kemajuan Rembang.  “Kami mohon jemaah haji berkenan mendoakan Kabupaten Rembang agar maju, masyarakatnya selamat dunia akhirat,” ucapnya.

Kepada Ketua Regu dan Ketua Rombongan, Bupati meminta untuk terus berkoordinasi dengan anggotanya. “Saya minta semua jemaah haji khususnya Ketua Regu  terus berkordinasi dengan jemaah, jangan sampai diam apabila ada apa-apa,” pungkasnya.

Upacara pelepasan ini diakhiri doa oleh KH Syarofudin Ismail Qeimas yang turut berangkat haji dalam kloter 9. — iq/rf