Binwin Catin Angkatan 1, Kakankemenag Ibaratkan Pasangan Seperti Sepatu

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Salatiga (Humas) — Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menggelar giat Bimbingan Perkawinan (Binwin) Pranikah bagi Calon Pengantin (Catin) Tingkat Kota Salatiga Angkatan I di Aula Kecamatan Sidomukti Salatiga, Selasa (26/09/2023).

Kegiatan dihadiri Kakankemenag Kota Salatiga, Wiharso, Kasi Bimas Islam Siti Handayani, Kepala KUA Sidomukti, Imam Talmisani dan pelaksana serta 30 pasangan calon pengantin di lingkungan Kecamatan Sidomukti Salatiga sebagai peserta binwin.

Kasi Bimas Islam, Siti Handayani dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan selama dua hari mulai 26 hingga 27 September 2023 dengan tujuan untuk meningkatkan kesiapan catin secara lahir dan batin.

“Sebelum menikah, catin perlu mendapat pemahaman dalam membina rumah tangga, seperti bagaimana menghadapi segala problematika yang ada dan mencari solusinya.  Hal tersebut untuk menciptakan keluarga sakinah mawadah warrohmah dan meningkatkan kesehatan keluarga sehingga melahirkan generasi-generasi yang berkualitas baik dari segi fisik maupun mental,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kakankemenag Wiharso menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para catin yang akan segera memasuki bahtera rumah tangga. Beliau mengibaratkan pasangan itu seperti sepatu.

“Pasangan terbaik itu ibarat sepatu. Bentuknya tidak sama tetapi serasi, tidak pernah ganti posisi tetapi saling melengkapi, saat berjalan terlihat tidak kompak tadi tujuannya sama, selalu sederajat tidak ada yang lebih tinggi dan lebih rendah, bila yang satu hilang lainnya tak memiliki arti. Maka dari itu di dalam perbedaan sebagai sepasang suami istri, filosofi sepatu tersebut sangat relevan diterapkan dalam rumah tangga,” jelas Wiharso.

“Saya harap, dengan kegiatan ini setiap calon pengantik memiliki pengetahuan dan persiapan yang lebih matang sehingga terciptanya keluarga bahagia lahir dan batin”. pungkasnya. (YF/bel)