DWP Kemenag Salatiga Ikuti Nuzulul Quran Secara Daring

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Ketua Bidang Pendidikan ddan Pengurus DWP Kemenag Kota Salatiga mengikuti Khataman dan Peringatan Nuzulul Quran 1444 H/2023 M secara daring/zoom yang dilaksanakan oleh DWP Kementerian Agama RI  bekerjasama dengan Baznas di ruang sekretariat Dharma Wanita Persatuan, Selasa (11/4/23).

Dalam peringatan Nuzulul Quran secara daring ini juga sekaligus dilaksanakan Khataman  Al-Quran dan tausiah dengan tema “Ilmu Adalah Cahaya”  yang disampaikan oleh  Habib DR Ali bin Hasan Al Bahar.Lc.MA. Tampak Hadir penasehat DWP Kemenag RI Hj.Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua DWP Kemenag RI Hj. Farichah Nizar Ali.

Selaku penasehat DWP Kementerian Agama RI Hj. Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas mengharapkan melalui acara yang dilaksanakan ini dapat mendekatkan diri para anggota DWP pada Al-Quran. Selanjutnya beliau menyampaikan kegiatan ini bertema ilmu adalah cahaya, seperti dikutip dalam  ungkapan yang populer dari Imam Asy-Syafi’,. “Al-‘ilmu nurun, wa nurullahi la yuhda lil ‘ashi”. Artinya ilmu itu cahaya, dan cahaya Allah itu tidak diberikan kepada pemaksiat/pendosa.

Lebih lanjut beliau mengatakan ilmu menjadi cahaya karena ada orang-orang yang menyalakannya. Cahaya menjadi penerang karena ada kaum yang bergerak memberikan penerangan. Penerangan menjadi arah atau petunjuk jalan, karena ada mereka yang mengabdikan diri di jalan Allah untuk menyelamatkan manusia.

Sebelumnya Ketua DWP Kementerian Agama Farichah Nizar Ali dalam laporannya mengatakan kegiatan Nuzulul Quran ini merupakan rangkaian dari kegiatan Gebyar Ramadan 1444 H/2023 M  yang mengambil tema Ilmu Adalah Cahaya. “Kegiatan ini merupakan rangkaian dari berbagai program yang dilaksanakan Pengurus DWP selama bulan Ramadhan. Sebelum ini, DWP sudah melakukan beberapa kegiatan diantaranya pemberian beasiswa, bantuan sembako dan lain-lain,” ujarnya.
Sementara dalam tausiahnya  Habib DR. Ali bin Hasanah Al Bahar Lc.MA menyampaikan dalam Al Qur’an derajat kaum perempuan diangkat “Al Qur’an hadir membela dan mengangkat derajat kaum perempuan yang sebelumnya selalu dihina, dilecehkan, disiksa bahkan dibunuh,“ katanya. (Humas/KK/Sua).