Empat Ribu Orang Padati Alun-alun Purworejo, Ikuti Pawai Ta’aruf Tahun Baru Islam

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PURWOREJO – Ribuan orang berkumpul di seputar alun-alun Purworejo pada Selasa (18/7/2023) malam untuk mengikuti Pawai Ta’aruf Gebyar Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah Kabupaten Purworejo. Peserta terdiri dari para santri, pengurus masjid, kelompok kesenian islami, dan ormas Islam se-Kabupaten Purworejo datang untuk menyemarakkan pergantian tahun baru Islam 1445 Hijriyah.

Kegiatan yang melibatkan total empat ribu peserta tersebut merupakan ujud sinergitas antara Kementerian Agama dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo. “Ini merupakan satu syiar Islam sekaligus untuk menjalin silahturahmi antar warga Kabupaten Purworejo. Selain itu juga sebagai ajang hiburan bagi masyarakat,” ungkap Kabag Kesra Setda Purworejo, Drs. Fatkhurrohman, M.M. dalam penyampaian laporan selaku ketua penyelenggara.

Peserta Pawai Ta’aruf dilepas langsung oleh Bupati Purworejo, RH Agus Bastian, S.E., M.M. Orang nomor satu di kabupaten yang memiliki semboyan BERIRAMA tersebut berharap gelaran Pawai Ta’aruf bisa mengenalkan kalender Hijriyah kepada masyarakat, khususnya generasi muda. “Jadi kegiatan ini bisa jadi salah satu wahana mengenalkan kalender Hijriyah sekaligus menanamkan rasa cinta Islam. Semoga bisa membangkitkan motivasi generasi muda untuk mengikuti kegiatan keagamaan Islam,” harapnya.

Pawai Ta’aruf dimeriahkan oleh penampilan drumband dan atraksi dari sejumlah madrasah dan sekolah. Serta pertunjukan musik hadroh yang dipersembahkan oleh para kafilah kecamatan. Adapun rute pawai dimulai dari depan pendopo bupati ke arah timur, perempatan BRI belok kiri melalui jalan Urip Sumoharjo, jalan Veteran, pasar Baledono, melewati perempatan patung WR Soepratman, kantor pos, SD Maria, kemudian jalan proklamasi, masjid agung, dan berakhir kembali di depan pendopo. (sgy/bd)