Gladi Bersih Simulasi ANBK MAN 1 Rembang Berjalan Lancar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 1 Rembang — MAN 1 Rembang menggelar kegiatan gladi bersih simulasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023 selama 2 hari (21-22/8) di laboratorium komputer setempat.

Kepala MAN 1 Rembang melalui waka kurikulum, Jliteng Pribadi mengatakan bahwa ANBK merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional yang diikuti oleh peserta didik kelas XI untuk jenjang SMA sederajat.

Jliteng Pribadi menambahkan bahwa peserta ANBK sejumlah 1/3 dari total peserta didik kelas XI yang ada dalam satuan kerja dan dipilih secara acak by sistem. “Sebanyak 45 peserta didik telah mengikuti gladi bersih simulasi ANBK selama 2 hari dan alhamdulillah berjalan lancar,” imbuhnya.

Sementara itu, Minanur Rohman selaku proktor ANBK MAN 1 Rembang menjelaskan bahwa materi yang diujikan meliputi soal tentang literasi, numerasi, survey karakter dan survey lingkungan belajar.

“Kegiatan simulasi yang digelar pemerintah difokuskan untuk uji sistem dan server, tidak ada kaitannya dengan hasil assesmen. Setelah simulasi, peserta didik diharapkan tidak mengalami kendala saat pelaksanaan ANBK utama yang digelar 28-29 Agustus 2023 mendatang,” sambung Minan, sapaan akrabnya.

Menurut Minan, pelaksanaan galdi bersih hari pertama banyak mengalami kendala dan berskala nasional seperti sistem error, gagal login, mendadak keluar dari aplikasi, dan lain sebagainya. Namun, pada hari kedua pelaksanaan gladi bersih simulasi ANBK berjalan dengan lancar.

Mewakili peserta gladi bersih simulasi ANBK, Umi Nur Hidayah (XI MIPA 1) mengatakan bahwa ada 3 stage pengerjaan soal gladi bersih. Hari pertama stage 1 adalah latihan, stage 2 soal tentang literasi, dan stage 3 soal tentang survey karakter.

Adapun untuk hari kedua Umi mengatakan bahwa stage 1 adalah latihan, stage 2 soal numerasi, dan stage 3 soal tentang survey lingkungan belajar. “sebanyak 10 soal latihan, 37 soal numerasi, dan 7 soal survey lingkungan belajar dalam waktu hampir 2 jam telah kami kerjakan dengan maksimal,” ujar Umi kepada tim humas MAN 1 Rembang.

Umi berharap semoga pada saat pelaksanaan ANBK utama tidak ada kendala seperti hari pertama gladi bersih dan dapat berjalan dengan lancar. — tejo/iq/rf