GPAI Salatiga Ikuti PK Online PPKB

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis), H. M. Soleh Mubin didampingi Pengawas, H. Mahsun melakukan monitoring pelaksanaan Pemetaan Kompetensi (PK) Online Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI).

PK Online diikuti oleh GPAI dari semua jenjang mulai TK, SD, SMP, SMA/SMK baik PNS, PPPK, dan Non PNS yang terdaftar di Aplikasi SIAGA. Secara serentak PK Online di Jawa Tengah dilaksanakan pada Hari Senin, Tanggal 8 Mei 2023 dengan jumlah soal 100 dan durasi waktu 180 menit. Adapun jumlah peserta Kota Salatiga ada 200 peserta.

Tempat pelaksanaan PK Online PPKB Kota Salatiga terdapat di beberapa titik lokasi, sebagai berikut :

  • Jenjang SMA/ SMK di SMK N 1 Salatiga,
  • Jenjang SMP di SMP N 4 Salatiga,
  • Jenjang SD:
  1. Kec. Argomulyo : Ruang PKG Ledok 2,
  2. Kec. Tingkir : Ruang PKG Kutowinangun 1,
  3. Kec. Sidomukti : Ruang Komputer SDN Dukuh 1,
  4. Kec. Sidorejo : Aula SDN Salatiga 03,
  • Jenjang TK di TK Sultan Fatah.

Pelaksanaan PK online diawali dengan sambutan Kepala Bidang PAI Kanwil Kemenag Prov. Jateng secara online . Untuk jadwal pelaksanaan, jenjang SMA/ SMKĀ  mulai pukul 07.00 s.d 10.00 WIB dan jenjang SMP/SLB/SD dimulai pukul 08.00 – 11.00 WIB.

Sementara itu ditemui di sela-sela monitoring, Kasi Pakis, H. Mubin mengatakan bahwa PK online merupakan bagian dari PPKB untuk peningkatan kompetensi guru dan diatur dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru, Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 211 Tahun 2011 tentang tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, dan Peraturan Menpan RB Nomor 1 tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional. Kegiatan berjalan lancar tanpa ditemukan kendala yang berarti.(Humas/Pakis/Sua)