Hadapi Generasi Z dan Alpha, Guru Madrasah Dituntut Luwes dalam Pembelajaran Digital

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTsN  2 Rembang – MTs Negeri 2 Rembang melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan EDM dan e-RKAM pada Kamis (15/6/2023) di Ruang Digital. Bimtek ini dipandu oleh Tim Inti Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Chaizatul Chasanah dan diikuti oleh Kepala Madrasah, guru dan staf Tata usaha.

Dalam paparannya, Izzamenyampaikan, madrasah kini berhadapan dengan siswa-siswa dari generasi yang sudah melek digital. Kondisi para guru madrasah sudah saatnya dikondisikan dalam atmosfir digital culture. Karena saat ini guru berhadapan dengan siswa generasi Z dan alpha, dan belum semuanya guru madrasah terbiasa dengan dunia digital.

“Anak-anak saat ini sangat friendly dengan gadget,” kata Izza. Sehingga, lanjut Izza, diperlukan langkah taktis dan sinergis dalam rangka pengembangan kompetensi guru madrasah. Saat ini, literasi digital sudah menjadi mudah dinikmati di mana saja dan kapan saja. Milenial dan generasi Z dengan mudahnya mengakses apa saja. Apa lagi generasi Alpha yang saya pikir lebih aktif di media sosial jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya,” paparnya.

“Jika ini dibiarkan begitu saja tanpa ada pengawasan dari orang tua, maka yang terjadi adalah penyalahgunaan dalam bermedia sosial yang sebenarnya. Karena gadget sudah tidak bisa ditinggalkan bagi generasi alpha,” tegasnya.

Sementara itu Eko Munjayanah salah satu guru MTs Negeri 2 Rembang mengungkapkan, eksistensi literasi madrasah sudah saatnya kita perbaiki. “Persoalan minat baca bagi generasi Z dan juga minat untuk mendalami literasi yang masih minim di MTs Negeri 2 Rembang menjadi alasan yang utama,” ungkapnya. (Wient/iq/rf)