Jemaah Haji Kloter 09 SOC Selesaikan Umroh Wajib

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Mekkah — Raut wajah yang lega dan gembira diselingi rasa capek mewarnai para jemaah haji kloter 9 SOC yang telah menyelesaikan kewajiban melaksanakan umroh wajib.

Malam ini semua jemaah haji kloter 09 SOC telah selesai melaksanakan umroh wajib sehingga mereka bisa melepas pakaian ihramnya yang telah mereka pakai semenjak berangkat dari Madinah.

Ketua kloter 09 SOC, Ahmad Fahimi mengatakan, rangkaian umroh wajib 09 SOC dibagi menjadi dua gelombang. “Gelombang pertama dilaksanakan setelah salat ashar yang diikuti oleh para jemaah haji SOC 9 dari Kudus dan dipimpin oleh KH Nailul Huda dari Kudus didampingi ketua kloter 09,” terang Fahimi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/6/2022).

Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan sehabis Isya diikuti oleh semua jemaah haji SOC 9 dari Rembang dipimpin oleh KH Syarofudin serta didampingi oleh TPIHI Ahmad Ismail.

Fahimi menjelaskan, dari tower 2 Hotel kiswah di wilayah jarwal, para jemaah haji menaiki bus sholawat yang telah disediakan oleh pemerintah Indonesia menuju ke terminal Syeb Amir. Bus sholawat yang dinaiki adalah yang berwarna merah nomor 4. Dari terminal Syeb Amir para jamaah haji menuju ke lantai dasar melalui pintu babussalam.
” Lantai dasar saat ini hanya dipergunakan untuk para jemaah haji yang berpakaian ihram dan melaksanakan tawaf. Sedangkan bagi para jemaah haji yang laki-laki yang tidak berpakaian ihram, tidak diperbolehkan salat di lantai dasar atau pelataran Ka’bah. Mereka diarahkan untuk salat atau tawaf di lantai atas atau lantai 2. Namun bagi jemaah haji perempuan bisa melaksanakan tawaf di pelataran Ka’bah walaupun tidak menggunakan pakaian ihram,” lanjut Fahimi.

Rangkaian umroh wajib yang dimulai dari tawaf sampai dengan sa’i dan bertaharul memakan waktu kurang lebih satu setengah jam. Setelah bertahalul, jemaah haji sudah bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan lain seperti memotong kuku mencukur rambut memakai wangi-wangian maupun berpakaian biasa.

“Para jemaah lantas melaksanakan sujud syukur bersama-sama setelah selesai melaksanakan ibadah umroh wajib,” pungkas Fahimi. — Fahimi/iq/Rf

Mekah, 18/6/2022