Kakankemenag Blusukan Ke Tlogotunggal Sumber, Tinjau Pelaksanaan Pemetaan Kompetensi Online Guru PAI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – SDN 2 Tlogotunggal, Kecamatan Sumber berjarak sekitar 9 km dari pusat Kecamatan Sumber. Di SD ini, Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI jenjang SD menyelenggarakan Pemetaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam pada Senin (8/5/2023).

Melewati jalan yang tidak lebar dan hektaran sawah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Kafit meluncur ke SD ini untuk memonitoring pelaksanaan PK Online bagi guru PAI se-kecamatan Sumber.

Selama monitoring, tampak sekitar 15 guru PAI tengah mengerjakan soal. Ditemui perwakilan pihak sekolah, pihaknya dipilih oleh KKG PAI Kecamatan Sumber sebagai lokasi KP online guru PAI kecamatan Sumber. “Biar guru juga tahu lokasi SD di pelosok,” kata Pengawas PAI, Fadloli di sela-sela monitoring.

Kakankemenag menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi PK online ini. “Kami dari Kemenag Rembang menyampaikan terima kasih atas fasilitas yang diberikan oleh sekolah untuk pelaksanaan PK Online ini,” kata Kakankemenag.

Suwarno, perwakilan dari SDN 2 Tlogotunggal menyampaikan terima kasih atas perkenan Kakankemenag yang mau berkunjung ke SDN 2 Tlogotunggal. “Maaf atas keterbatasan fasilitas kami. Kebetulan sekolah kami baru proses seleksi sekolah Adiwiyata,” kata Suwarno.

Kasi PAI Kemenag Rembang, Sarip mengatakan, pelaksanaan PK PKKB online diikuti oleh 479 guru PAI jenjang SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Rembang. PK Online ini dilaksanakan di Kecamatan masing-masing untuk jenjang SD. Sementara jenjang SMP, SMA dan SMK diadakan di SMP 2 Rembang.

PK online PPKB adalah program dari Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam untuk memetakan kompetensi pedagodik dan profesionalitas guru PAI untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada tahun berjalan.

PK online ini akan dilaksanakan pada 3-11 Mei berdasarkan zona yang telah ditetapkan. Untuk zona Jawa Tengah seentak diadakan pada 8 Mei 2023.

PK Online terdiri dari 100 soal dengan durasi waktu 180 menit. Guru PAI secara langsung mengakses akun SIAGA masing-masing dan dapat mengerjakan soal secara online sesuai dengan jadwal. Hasilnya akan langsung terlihat pada akun siaga masing-masing.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bagi peserta yang mendapatkan nilai 80-90, kemungkinan bisa mengikuti seleksi pelatih PKB tingkat Provinsi. Sementara untuk yang mendapat nilai 71-80, bisa mengikuti seleksi pelatih PKB tingkat daerah. “Dan bagi yang mendapatkan nilai di bawah itu, adalah sebagar target peserta PKB,” jelas Sarip. — iq/rf