Kakankemenag Salatiga Pemateri Bimbingan Manasik Haji Kecamatan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Sejumlah 48 orang calon jamaah haji di wilayah Kecamatan Sidomukti mengikuti kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan pada Selasa, (16/05). Tampak hadir Kepala Kemenag Kota Salatiga, Plt. Kasi PHU, Kepala KUA Sidomukti dan para penyuluh Kecamatan Sidomukti Salatiga.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga selaku pemateri, H. Wiharso mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan bekal keteampilan dan kemampuan tentang pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan buku manasik, dalam rangka membentuk jamaah haji yang istitho’ah dan mandiri. “Kegiatan bimbingan manasik haji ini bermanfaat sebagai bekal bagi jamaah supaya menjadi jamaah yang mandiri dalam melaksanakan ibadah haji,” harap H. Wiharso.

Lebih lanjut, H. Wiharso  mengharapkan  jamaah calon haji dapat memahami betul tata cara pelaksanaan haji, dan dapat mengatasi masalah-masalah yang mungkin muncul selama berada di Tanah Suci.

“Yang terpenting adalah mempersiapkan mental para calon jamaah haji ketika menghadapi kesulitan selama berada di Tanah Suci, sebab permasalahan yang kerap muncul di Tanah Suci adalah karena perbedaan budaya, bahasa, dan kebiasaan sehari-hari, termasuk cuaca. Oleh karena itu, jamaah calon haji harus mampu beradaptasi dengan situasi di Tanah Suci,” tandasnya. Wiharso juga berpesan agar jamaah colon haji untuk bisa menjaga kesehatan dengan baik dan mengurangi aktivitas yang mungkin tidak perlu sekali.

Sebelumnya Kepala KUA Sidomukti, Imam Talmisani dalam laporannya mengatakan mengucapkan terimakasih kepada jamaah calon haji atas apresiasinya untuk mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji ini dan juga meminta maaf yang sedianya kegiatan ini bertempat di Aula Kecamatan Sidomukti berubah di masjid Sidomukti Salatiga.(Humas/Khusnul-Fitri-Ida/Sua).