Kakankemenag: Tidak Ada Persaingan Antar Madrasah, Semua Saling Dukung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Untuk mencapai madrasah yang unggul dan berprestasi, diperlukan sinergitas antar madrasah. Komunikasi dan koordinasi antar madrasah harus diciptakan untuk saling mendukung kemajuan madrasah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, H. M. Fatah mengatakan, untuk mencapai kemajuan, madrasah di Rembang tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. “Perlu ada sinergitas dan kekompakan agar tujuan memajukan madrah tercapai. Antar madrasah harus saling menolong, mengisi dan mendukung,” kata Fatah ketika memberikan arahan dalam rapat Sosialisasi dan Evaluasi Program Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Rabu (15/6/2022) di Aula MAN 1 Rembang.

Sinergitas tersebut didukung oleh para pengawas, pengurus KKM dan tentu saja Kemenag Rembang. Fatah menilai, rapat koordinasi harus sering dilakukan untuk mengetahui perkembangan madrasah. Dengan adanya rapat atau pertemuan, atmosfir hubungan antar madrasah akan semakin terbina.

Sinergitas ini sebenarnya Sudah terpetakan dalam program Sahabat Madrasah. “Melalui program ini, madrasah yang sudah maju diharapkan bisa mendampingi madrasah lain untuk mencapai prestasi. Sehingga tidak ada persaingan antar madrasah, semua harus saling mendukung,” kata Fatah.

Dalam kegiatan ini juga dibahas tentang kurikulum merdeka. Kurikulum ini memberikan kebebasan kepada madrasah untuk menentukan materi dan model pembelajarannya sendiri. Fatah mengatakan, kurikulum yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini sebenarnya sudah diterapkan dalam system KTSP.  

“KTSP itu sebenarnya adalah wujud dari kurikulum merdeka. Karena setiap madrasah mempunyai kurikulum sendiri dan berbeda-beda,” tandas Fatah. — iq/rf