Luar Biasa, Pendaftar Pengurus OSIM Membludak

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Panitia seleksi calon pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 1 Rembang periode 2022-2023 dibuat kewalahan karena jumlah pendaftar pengurus membludak.

Hal tersebut dibenarkan oleh Liya Puspitasari (XII MIPA 1), mantan ketua OSIM MAN 1 Rembang periode sebelumnya. 

Menurut Liya, jumlah pendaftar calon pengurus OSIM tahun ini sejumlah 109 peserta didik yang terdiri dari 7 pendaftar kelas XI dan 102 pendaftar kelas X. 

“Dari 109 pendaftar, kami akan mengambil 40 pendaftar yang lolos seleksi untuk menjadi calon pengurus OSIM,” kata Liya, seorang siswi penggemar mata pelajaran Biologi ini.

Liya menambahkan, jumlah pendaftar calon pengurus OSIM tahun ini meningkat hampir 250% dari tahun lalu yang hanya kurang dari 50 pendaftar.

Watsiq Ulin Nuha (X MIPA 1), salah satu pendaftar calon pengurus OSIM mengatakan bahwa dirinya termotivasi untuk bergabung menjadi bagian dari pengurus OSIM. 

Menurut Watsiq, OSIM merupakan wadah untuk belajar bersosialisasi, mengembangkan bakat, meningkatkan kedisiplinan, dan menjadi contoh yang baik untuk peserta didik yang ada di MAN 1 Rembang.

“Mudah-mudahan saya diterima, dan jika diterima saya berjanji akan berusaha menjadi peserta didik yang baik dan menjadi contoh untuk teman-teman,” ungkapnya saat proses wawancara seleksi calon pengurus OSIM pada Kamis (20/10/2022).

Pembina OSIM MAN 1 Rembang bidang keorganisasian, Sudarto mengatakan, teknis seleksi dilakukan dengan metode wawancara dan praktik.

“Kami akan menyeleksi seluruh pendaftar, masing-masing pendaftar akan melalui proses wawancara sekaligus praktik dalam 5 bidang OSIM yaitu bidang keorganisasian, bela negara, keagamaan, kewirausahaan, serta bakat dan minat,” jelas Sudarto.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Rembang melalui wakil kepala (waka) bidang kesiswaan, Siti Kasidah mengatakan, banyaknya pendaftar calon pengurus OSIM tahun ini menunjukan bahwa OSIM adalah organisasi yang sangat diminati khususnya peserta didik kelas X.

“Kami berharap melalui proses seleksi akan mendapatkan calon-calon pemimpin yang berkualitas, berkompeten, dan amanah,” tegas Kasidah.

Siti Kasidah berpesan kepada panitia seleksi calon pengurus OSIM untuk mengumumkan hasil seleksi secepat mungkin tentunya berpedoman dengan prinsip obyektivitas dan akuntabilitas. – tejo/iq/bd