MAN 1 Rembang Gelar Uji Kompetensi Tahfiz

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Program tahfidz MAN 2 Rembang terus berkembang dari waktu ke waktu. Pada bulan Maret lalu sukses digelar Uji Kompetensi Program Tahfidz al-Qur’an kelas XII dan mewisuda puluhan siswa dengan berbagai capaian hafalan juz-nya.

Berkaitan dengan berakhirnya pembelajaran semester genap pada tahun ajaran 2021/2022 ini, MAN 2 Rembang mengadakan kegiatan Uji Kompetensi Program Tahfidz al-Qur’an Peserta Didik Kelas X & XI pada hari Senin (13/6/2022).

Uji kompetensi ini digelar di mushala Mahfudzul Jabbar yang dihadiri kepala madrasah, dewan guru, pegawai serta wali siswa siswi kelas tahfidz.

Kepala MAN 2 Rembang, H. Kasnawi dalam sambutannya mengaku senang dengan terselenggaranya uji kompetensi ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan tanggung jawab bersama antara pengasuh program tahfidz dengan orangtua.

Saat ini orangtua bisa menyaksikan langsung ujian capaian hafalan oleh para santri di madrasah selama satu tahun bagi kelas X dan 2 tahun untuk kelas XI. Menurut Kasnawi, madrasah terus berusaha membumikan Alqur’an di MAN 2 Rembang

“Mari kita sama-sama mendukung anak-anak kita agar semakin ringan bebannya untuk menyelesaikan hafalan,” ujar Kasnawi.

Ia menambahkan, jika ingin sukses maka harus ada perjuangan. Perjuangan tidak barokah tanpa sabar dan ikhlas. Menghafal Alquran hendaknya disertai dengan rasa sabar dan ikhlas.

“Kita berharap uji kompetensi ini bisa memberikan bekal, mendorong serta memotivasi supaya lebih kuat semangatnya untuk melanjutkan surat atau juz yang belum dihafal,” pungkas Kasnawi.

Pada uji kompetensi ini setiap siswa maju ke panggung seara bergiliran dengan didampingi orangtua masing-masing. Sebelumnya salah satu dewan penguji membacakan teknis pelaksanaan uji kompetensi.

Setiap siswa akan mendapat tiga kali pertanyaan dari penguji. Materi yang diajukan diacak maksimal 3 juz. Penguji akan membacakan sebuah ayat dan siswa diminta untuk melanjutkan.

Banyaknya hafalan yang sudah diperoleh para siswa kelas tahfidz ini cukup bervariasi. Untuk kelas X perolehan hafalan terbanyak 14 juz, sementara kelas XI ada 17 juz. Pada hari pertama ini diikuti oleh siswa-siswi tahfidz kelas X sejumlah 30 siswa, sementara 36 siswa kelas tahfidz Pi akan menjalani hal serupa esok hari. — Huda/iq/rf