Manasik Haji dan Wisata Religi Mewarnai Kegiatan Reorganisasi MGMP PAI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PURWOREJO – Bertepatan dengan berakhirnya masa kepengurusan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP Kabupaten Purworejo periode 2020-2023, guru PAI SMP sejumlah 76 orang termasuk di dalamnya pengurus MGMP Kabupaten Purworejo mengadakan kegiatan reorganisasi, manasik haji, dan wisata religi yaitu ziarah makam para wali pada Minggu (18/6/2023).

Firdaus Fatimatuzzahra Semarang dipilih sebagai lokasi pelaksanaan manasik haji dalam rangka penguatan pemahaman guru PAI pada materi haji dan umroh yang dalam kurikulum termuat materi rukhsoh haji. Dilanjutkan dengan ziarah ke makam Sunan Kudus. Serambi masjid Menara Kudus kemudian digunakan untuk menggelar kegiatan reorganisasi kepengurusan MGMP PAI SMP Kabupaten Purworejo.

Pengawas PAI SMP, Hj. Tatik Pudjiani, M.S.I. dalam sambutannya mengatakan bahwa reorganisasi pada akhir kepengurusan sebuah organisasi itu sangat perlu. “Adanya reorganisasi menandakan bahwa organisasi tersebut sehat. MGMP sebagai komunitas belajar guru sangat diperlukan untuk menunjang kompetensi dan profesionalitas guru serta menjadi sarana menyampaikan informasi dinas baik dari Kementerian Agama, Dinas Pendidikan ataupun instansi lain semisal informasi mengenai Siaga, SiEka, Emis, PMM dan lain-lain,” tuturnya. Sementara terkait kegiatan wisata religi dan reorganisasi, menurutnya hal tersebut merupakan salah satu cara mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama terutama nilai syuro, toleransi, dan penghormatan pada tradisi.

Kasi PAKIS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Ismuhayadi, S.H. pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan reorganisasi dan mengucapkan selamat atas berbagai prestasi yang telah diraih dalam event lomba PAI. Khusus MAPSI, Ismuhayadi berharap MGMP dapat memacu lebih giat agar menjadi juara umum di lomba MAPSI Tingkat Provinsi.

Terpilih menjadi ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Purworejo periode 2023-2026 secara aklamasi adalah H. Hodin, M.Pd.I. yang juga merupakan ketua MGMP pada periode sebelumnya. Adapun pemilihan pengurus akan dilanjutkan oleh tim formatur yang terdiri dari ketua terpilih, pengawas PAI SMP, dan beberapa pengurus senior MGMP periode sebelumnya. Kegiatan diakhiri dengan berziarah ke makam Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak. (ttk/sgy/bd)