Menag dan Ketum PBNU Hadiri Tahlil Gus Luthfi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas menghadiri tahlil 3 hari Pengasuh Ponpes Al-Hamidiyah 2, Lasem, KH Luthfi Thomafi pada Sabtu (11/6/2022) sekitar pukul 20.30 WIB.

Kedatangan Gusmen ini bersama Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Tsaquf. Turut beserta rombongan pula, beberapa staf ahli dan staf khusus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo dan

Turut bertakziyah pula, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama RI, Mustain Ahmad, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, H.M. Fatah dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Rembang, Moh. Mukson.

Rombongan Gus Yahya dan Gusmen bertolak ke Lasem setelah bertakziyah dan berziarah ke malam Rois Syuriah PBNU, KH Dimyati Rois, Kendal.

Dalam acara tahlil 3 hari ini, Gus Yahya didapuk untuk memberikan sambutan. Gus Yahya tak bisa menyembunyikan keharuan atas kesan yang sangat mendalam kepada Gus Luthfi. Gua Yahya sangat mengapresiasi dan salut atas kesetiaan Gus Luthfi dalam memperjuangkan NU melalui GP Anshor.

“11 tahun sudah Gus Luthfi menggeliti NU dengan kesetiannya. Saya berharap, seluruh kader NU bisa menjadikan Luthfi sebagai teladan,” ucap Gus Yahya penuh haru.

“Saya haqqul yakin, bahwa apa yang telah diperjuangkan oleh Luthfi ini menjadi berkah untuk kita semua. Ibarat menanam pohon, sudah berbuah dan yang menikmati adalag anak-anaknya, sahabat-sahabatnya dna juga NU,” sambung Gus Yahya.

Usai acara tahli, Gus Yahya dan Gusmen beserta rombongan berziarah ke makam Gus Luthfi yang terletak di kompleks Ponpes Al-hamidiyah 2. Gus Menteri tampak tak kuasa meneteskan air mata kesedihan.

Sebagaimana dikabarkan, Gus Luthfi menghembuskan nafas terakhir karena serangan jantung pada Kamis, 9 Juni 2022. Sebelumnya, Gus Luthfi sempat dirawat di RSI Arafah Rembang, dan wafat pada pukul 01.30 WIB. iq/rf