MTs Negeri 5 Rembang Gelar Program Penguatan Performance Keagamaan Calon Lulusan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang –MTs Negeri 5 Rembang menggelar ujian praktik bidang keagamaan. Kegiatan yang diikuti 169 peserta didik kelas IX, merupakan bagian dari pengendalian mutu untuk meningkatkan kompetensi dan performance perserta didik dalam bidang agama.

Ujian keagamaan ini dilaksanakan Senin – Kamis (29-31/5/2023). Pada teknis pelaksanaannya, peserta didik dibagi menjadi 18 majelis, dengan sembilan penguji yang berasal dari guru mapel Pendidikan Agama Islam dan tokoh masyarakat sekitar. Materi ujian meliputi hafalan Alquran Juz 30, Hafalan Asmaul Husna, praktek menjadi Imam salat Fardu, dan salat Jenazah.

Asyrofi, Plt Kepala MTsN 5 Rembang sangat mendukung diadakannya kegiatan ini. Ia berharap guru pendamping program keagamaan ini bisa menjalankannya dengan penuh tanggung jawab.  “Kami berharap kualitas lulusan dari MTsN 5 Rembang mampu bersaing dalam kompetisi secara umum dan memiliki kelebihan di bidang ilmu agama, agar dapat menjadi bekalnya kelak dalam kehidupan bermasyarakat,” harap Asyrofi.

Menurut Muhammad Ijtihadi, selaku kordinator seksi keagamaan, melalui kegiatan ini, madrasah diharapkan dapat memberi bekal pengetahuan agama yang membentuk watak beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Sehingga keberadaan peserta didik madrasah di tengah masyarakat sangat dibutuhkan guna mendukung akselerasi peningkatan kualitas sumberdaya manusia terutama,” ujarnya

“Madarasah selain menjalankan kurikulum nasional juga menambah kurikulum keagamaan dan ketrampilan yang dibutuhkan peserta didik,” ungkapnya.

Ia juga memastikan akan mendorong dan memfasiitasi agar kegiatan seperti ini bisa berjalan maksimal. Tentunya, semua itu untuk mendukung pengembangan pelayanan pendidikan berbasis madrasah yang lebih unggul dan berkualitas. (Yu/An/Hb/iq/rf)