MTsN 1 Rembang Adakan Penerimaan Rapor

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — MTsN 1 Rembang mengadakan penerimaan rapor siswa pada Sabtu (24/6/2023). Penerimaan rapor ini dilakukan oleh orang tua wali siswa.
Nilai rapor merupakan hasil kumpulan nilai mata pelajaran yang dimiliki setiap siswa yang berisi laporan nilai selama satu semester. Rapor diterimakan sebagai tolok ukur dan untuk mengetahui perkembangan terhadap prestasi siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.

Dalam nilai rapor Jenjang MTs/SMP pada setiap mata pelajaran ada tiga penilaian yaitu nilai pengetahuan, nilai keterampilan, dan nilai sikap. Nilai pengetahuan dan keterampilan setiap mata pelajaran diwajibkan mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti karakteristik kompetensi dasar, karakteristik peserta didik, dan daya dukung yang dimiliki sekolah. Sedangkan nilai sekolah ada 4 predikat yaitu predikat kurang, cukup, baik, dan sangat baik.

Plh Kepala MTsN 1 Rembang, Bapak Chris Sutopo, mengatakan, melalui rapor wali kelas dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam kelas yang diampunya. Wali kelas juga dapat menentukan strategi dalam pengelolaan kelas yang menjadi tanggung jawabnya misalnya dengan menata strategis belajar untuk membantu siswa meningkatkan kompetensi siswa atau membantu mengatasi kesulitan belajar siswa yang lemah.

“Sehingga buku rapor wajib diambil langsung oleh orang tua atau wali siswa supaya wali kelas dapat menyampaikan secara langsung tentang kondisi dan kemajuan siswa selama satu semester. Karena proses belajar tidak hanya dilakukan di sekolah saja akan tetapi juga membutuhkan dukungan dari orang tua di rumah. Dengan sinergi yang baik antara sekolah dan orang tua dalam proses belajar menjadi lebih maksimal,” kata Cris Sutopo.

Pembagian rapor ini sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Agama RI yang telah menetapkan tanggal pembagian rapor semester genap jatuh pada tanggal 24 Juni 2023. Chris menambahkan, madrasah memberikan penghargaan dan apresiasi kepada peserta didik yang meraih prestasi belajar di setiap kelas.

“Bagi yang meraih peringkat satu sampai tiga maka sekolah memberikan hadiah, yang semoga bisa menjadi penyemangat bagi siswa yang lain dan bagi dirinya sendiri agar lebih giat belajar lagi supaya dapat mempertahankan prestasinya,” imbuh Chris.

Setelah menerima rapor kenaikan kelas maka peserta didik akan menikmati libur akhir tahun pelajaran mulai 26 Juni sampai 16 Juli 2023. Siswa masuk kembali untuk Tahun Pelajaran 2023/2024 mulai 17 Juli 2023. (Fi/iq/rf)