MTsN 1 Rembang Sabet Juara III LKTI Tingkat Kabupaten

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Siswa MTsN 1 Rembang, Mar’atul Khoiriyah (kelas 9I), Layla Ersa Nurfadhilah (9I) dan Aulia Hanafi Putra (9H), sukses meraih juara 3 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Rembang yang diadakan oleh SMAN 1 Lasem dalam rangka HUT ke-39, Sabtu (5/11/2022).

Kegiatan LKTI dilaksanakan di Aula SMAN 1 Lasem. Dalam lomba ini, setiap tim peserta diwajibkan presentasl dan Juga ada sesi tanya jawab dengan dewan Juri.

Tim MTSN 1 Rembang membuat sebuah penelitian yang diberi judul “LAKPUS E-book: Upaya Penyajian Buku Digital Terkait Destinasi Wisata Kota Lasem”. Penelitian ini diambil berdasarkan tema “Inovasi Generasi Muda dalam penanggulangan dampak Pandemi covid-19 berbasis IPTEK dan kearifan lokal”.

Penelitian ini dilatarbelakangi dari efek pandemi covid 19 dimana masyarakat sudah sangat nyaman beraktifitas secara online daripada offline. Mereka lebih suka duduk santai menikmati belanja online, menikmati destinasi wisata dari gadget/smartphone mereka.

Penelitian ini juga didasari dari kajian jurnal, di mana belum ada buku digital yang mengangkat tentang destinasi wisata kota Lasem.

Dalam presentasinya, dewan juri memuji orisinalitas pembuatan karyanya serta latar belakang masalah yang disajikan sangat runtut dari umum ke khusus, dari penyajian opini sampai faktanya. Saat sesi tanya jawab, tim dengan lugas menjawab semua pertanyaan dewan juri. Dewan juri mengajukan berbagai pertanyaan dari sistematika penulisan, kajian teori, metodologi penelitian semua dikupas tuntas sampai simpulan. Dewan juri sangat tertarik dengan laporan karya ilmiah yang dibuat dibuktikan dengan pertanyaan penuh antusias yang dilontarkan dan Alhamdulillah semuanya bisa terjawab.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dan bisa menjadi pengalaman berharga bagi saya dan teman-teman,” ucap Layla. 

Lomba ini insyaallah yang terakhir bagi saya di Matsanesa, jadi alhamdulillah bisa mendapatkan juara 3. Hal senada juga disampaikan oleh Mar’atul Khoiriyah, “Alhamdulilah, saya sangat senang karena selain dapat berkompetisi, di ajang ini saya juga bisa mempelajari banyak hal.

Sementara itu, Pembina Karya Tulis Ilmiah MTsN 1 Rembang, Izzatin Nuril Lathifah, juga sangat bangga dengan raihan prestasi anak didiknya.

“Alhamdulilah, mereka tetap berkarya dan berprestasi. Keberhasilan mereka ini juga tak lepas dari ketekunan, kerja keras, dan doa semua pihak.” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Izzatin juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala MTsN 1 Rembang Suhadak, tim pembina KIR, dan wali murid. Berkat dukungan merekalah akhirnya tim Matsanesa berhasil meraih prestasi terbaik. – budi/iq/bd