MTsN 3 Sragen Masuk Nominasi Juara Lomba Video HUT Sragen ke 277

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – MTs Negeri 3 Sragen berhasil masuk nominasi dalam Lomba Konten Videografi dalam rangka hari jadi Sragen yang ke- 277 tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Sragen, Jumat, (19/05) melalui you tube masing-masing peserta.

Dalam event yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Sragen bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Sragen, MTs Negeri 3 Sragen mengupas tuntas tentang Pesona Sangiran. Dalam video tersebut menceritakan tentang sejarah dan isi dari situs manusia purba yang berlokasi di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karangannyar dan berlokasi di desa Sangiran Kalijambe. demikian disampaikan oleh Evi Nurhayati selaku pembimbing.

“Video yang kami buat menceritakan tentang sejarah nama Sangiran dan isi dari musium Sangiran sampai pada pengelolaannya, meskipun kami buat dengan peralatan yang seadanya kami terus berusaha maksimal untuk bisa menghasilkan karya yang terbaik, anak-anak begitu semangat dalam setiap mengerjakan karyanya, mereka sangat Bahagia mendapatkan wadah untuk berkarya,” ujar Evi.

Evi Nurhayati juga mengungkapkan bahwa pengambilan tema Sangiran diambil karena memperhitungkan jarak yang dekat dan merupakan tempat wisata yang sedang berkembang dan sangat cocok untuk dunia pendidikan siswa  agar bisa lebih mendalami sejarah – sejarah yang ada disekitar lingkungan madrasah. Selain itu juga untuk menyesuaikan tema lomba yang sudah ditetapkan oleh panitia dalam rangka hari jadi kota Sragen.

Lomba diselenggarakan dengan peserta meliputi seluruh SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK se-kabupaten Sragen kali ini mengambil tema “Mengupas Sejarah Pemerintahan Kabupaten Sragen” dilaksanakan dalam 2 tahap, dimana pada tahap pertama diambil 5 besar yang berhak untuk masuk ke babak selanjutnya untuk menentukan juaranya.

Pada tahap pertama MTs Negeri 3 Sragen berhasil masuk diurutan kedua dan berhak untuk maju ke babak berikutnya, adapun hasil dari seleksi selengkapnya sebagai berikut : 1. SMP N 1 Karangmalang (82), 2. MTs N 3 Sragen (81), 3. SMP IT Az-Zahra Sragen (79), 4. SMP N 1 Sambirejo (78), 5. SMP N 2 Tanon (78).

Team MTs Negeri 3 Sragen yang terdiri dari Evi Nurhayati (pembmbing), Muh. Aufaa Atsaal Nugraha, Khamdani Anwartamam, Melodya Flannela Anastasya, Astin Kirana Gradika Mentari dan Aurellia Calina Neza Apsari sangat bersemangat dalam mengerjakan video lomba mulai dari pembuatan naskah, pengambilan video sampai proses edit video meskipun hanya menggunakan alat yang sederhana, kemudian diuploud di you tube madrasah, berikut link yang digunakan untuk lomba videografi MTs Negeri 3 Sragen https://www.youtube.com/watch?v=008onSHsgHc.

Siswa yang tergabung dalam team lomba adalah siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalis yang ada di MTs Negeri 3 Sragen, dimana ekstra tersebut mempelajari tentang penulisan, pemotretan dan edit video. Sehingga semua proses lomba bisa dilaksanakan oleh siswa dengan baik.

Waktu pengambilan gambar yang dilaksanakan selama satu hari dengan konsep yang sederhana tapi bisa tersampaikan pesan pendidikan, sementara itu edit video dilakukan dalam waktu 2 hari sampai proses uploud you tube di akun madrasah semua murni dilakukan oleh siswa, hal ini dilakukan untuk lebih memaksimalkan peran dan kemampuan siswa.

“Terima kasih kami sampaikan untuk team lomba video yang sudah berjuang dan berhasil masuk finalis 5 besar, semoga bisa untuk meraih hasil yang terbaik dan membawa nama madrasah dikalangan masyarakat luas, semoga ditahap 2 bisa berjalan lancar dan sukses,” harap Muhsin sebagai kepala madrasah.(evi/Sua)