Pembekalan Catin Demi Perkawinan yang Kokoh

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purworejo – Diikuti oleh lima belas pasang calon pengantin (catin), kegiatan Bimbingan Perkawinan bagi Catin Angkatan 31 Tahun 2023 berlangsung selama dua hari di tanggal 12 dan 13 Juni 2023 mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Acara yang bertempat di aula Kemenag Purworejo tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Kankemenag H. Aziz Muslim, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, Aziz Muslim menyampaikan bahwa bimbingan perkawinan ini penting sebagai bekal dalam menjalani kehidupan rumah tangga. “Apa yang didapat dari kegiatan ini nanti, khususnya materi yang disampaikan oleh para fasilitator semoga bisa menjadi bekal peserta dalam membina kehidupan berumah tangga,” harapnya.

Zulfah Kirom, M.Ag. selaku fasilitator di hari pertama menyampaikan materi tentang tujuan perkawinan. “Semua sepakat bahwa tujuan perkawinan adalah untuk bahagia. Bagaimana merencanakan perkawinan yang kokoh, suami istri dapat saling mengerti dan saling melengkapi itulah yang harus selalu diingat oleh setiap pasangan,” tuturnya. Dalam kesempatan tersebut, Zulfah Kirom juga membekali peserta dengan pengetahuan tentang empat pilar perkawinan.

Selama dua hari, materi kegiatan yang disampaikan kepada para catin antara lain adalah persiapan membentuk keluarga sakinah, pengelolaan psikologi dan dinamika keluarga, pemenuhan kebutuhan keluarga, kesehatan reproduksi, serta persiapan generasi berkualitas dengan fasilitator dari berbagai profesi yaitu tenaga kesehatan dari Dinkes, penyuluh KB, penghulu, serta penyuluh agama. Adapun anggaran untuk kegiatan ini berasal dari dana DIPA PNBP NR Kankemenag Kabupaten Purworejo Tahun 2023. (sgy/bd)