Penilaian Rintisan Kampung Moderasi Beragama Kec. Sidomukti

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kampung Moderasi Beragama (MB) binaan Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sidomukti Salatiga dinilai oleh Tim Penilai Moderasi Beragama di Balai Dukuh Warak Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Salatiga, Selasa, (4/7/2023).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Wiharso dalam sambutannya menyampaikan terima kasih pada seluruh stakeholder yang hadir dalam rangka menyatukan, mempererat, harmoni, toleransi beragama, silaturahmi dan menjaga baik kebersamaan dan keagamaan di Warak Kelurahan Dukuh. “Kampung Moderasi Beragama ini untuk mempersatukan umat beragama, melalui cara pandang dan bisa beribadah sesuai agamanya masing masing,” tuturnya.

”Kami berharap dukungan dari Forkompincam Kec. Sidomukti atas adanya Kampung Moderasi Beragama ini agar masyarakat di Warak Kelurahan Dukuh sejahtera lahir batin,” tambah Wiharso.

Lebih lanjut Wiharso mengatakan Moderasi Beragama tercermin dalam komitmen kebangsaan yang menjunjung keberagaman, toleransi yang menghargai perbedaan keyakinan, penolakan terhadap segala bentuk kekerasan atas nama agama, serta penerimaan dan akomodasi terhadap kekayaan budaya dan tradisi yang ada dalam masyarakat, dan unsur ini sudah ada di Warak Kelurahan Dukuh Kec. Sidomukti ini.

Selanjutnya Tim Penilai yang terdiri dari Kepala Kemenag Kota Salatiga, Ketua PCNU, Ketua PD Muhammadiyah dalam penilaiannya melakukan dialog dengan tokoh masyarakat dan ibu-ibu PKK.

Hadir dalam acara ini Kepala Kemenag Kota Salatiga beserta Kasi Bimas Islam, Kepala KUA, Camat dan Forkopimcam Kec. Sidomukti, Lurah Dukuh, Penyuluh Agama Islam Fungsional, Penyuluh Non PNS, Humas, Tokoh Masyarakat lintas agama dan Ibu Ibu PKK Kelurahan Dukuh Kec. Sidomukti Salatiga.(Humas/KK-YF-HA/Sua)