Penyuluh Sukseskan Silaturahim JMQH

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kemenag Rembang – Jam’iyyah Mudarasatil Qur’an Lil Hafizhat (JMQH) Kabupaten Rembang kembali menyelenggarakan Silaturahim 4 Bulanan di Masjid Jami’ Lasem, Minggu 19/2/2023. Penyuluh Agama Islam Kemenag Rembang berpartisipasi sebagai panitia bersama JMQH kecamatan Lasem, Pancur dan Sluke.

Selain khataman Alquran, kegiatan 4 bulan sekali ini juga diadakan kuis menebak dan meneruskan potongan ayat Al-Quran dan santunan anak yatim piatu.

Wakil Bupati Rembang, M. Hanies Cholil Barro’ dalam sambutannya merasa senang bisa hadir di acara yang penuh barokah ini, sekaligus membantu pemerintah dalam pembangunan mental dan akhlakul karimah.

“Pemerintah Kabupaten Rembang tidak hanya fokus pada pembangunan fisik saja, akan tetapi juga pembangunan mental dan akhlakul karimah. Dan kegiatan JMQH seperti ini sangat membantu terealisasi program-program pemerintah tersebut,” jelas pria yang akrab disapa Gus Hanis.

Sementara itu Ning Nawal Arafah Taj Yasin, dalam taushiyahnya menghimbau agar di setiap kegiatan JMQH di adakan kajian tafsir. Karena Al-Quran tidak hanya dihafalkan,akan tetapi harus di fahami kandungan isinya.

“Alquran tidak sekedar sebagai bacaan atau untuk di hafalkan saja, tapi lebih dari itu Al-Quran sebagai petunjuk bagi umat manusia menuju kebenaran. Maka harus di fahami kandungan isinya lewat kajian tafsirnya,” papar istri Wakil Gubernur Jawa Tengah, Gus Taj Yasin Maimun.

Dalam kesempatan ini, beliau mengkaji tafsir Al Jalalain ayat pertama surat Al-Kahfi tentang perjalanan isro mi’roj Nabi Muhamad saw.

Seusai acara, Sri Setyaningseh, PAH KUA Pamotan sangat bersyukur bisa ikut terlibat dalam kegiatan Silaturahim 4 Bulanan ini.

“Sebagai pengurus JMQH, yang bertugas registrasi, saya merasa senang karena kegiatan hari ini di hadiri 406 hafizhah dan bisa mengkhatamkan 13 khataman. Semoga membawa berkah untuk bangsa tercinta ini,” pungkasnya. – gusman/iq/rf