Permudah Pengajuan Visa Haji, Kemenag Demak Selenggarakan Sosialisasi Aplikasi Saudi Visa Bio

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Demak melalui Seksi Penyelenggaraan Haji & Umroh (PHU) menyelenggarakan sosialisasi aplikasi “Saudi Visa Bio” di aula Kemenag, Senin (03/04).

Saudi Visa Bio merupakan aplikasi yang memudahkan calon jemaah haji dalam mengirimkan data biometrik sebagai bagian dari proses aplikasi untuk mendapatkan Visa Arab Saudi.

Penggunaan Saudi Visa Bio tersebut memungkinkan jemaah mendaftarkan visa mereka secara mandiri, tanpa perlu datang mengunjungi kedutaan dan konsulat Arab Saudi atau pusat penerbitan visa di Indonesia.

Sebagai informasi, aplikasi Saudi Visa Bio saat ini sudah tersedia di Playstore dan Appsttore sehingga dapat didwonload secara mandiri oleh calon jemaah untuk pengajuan pembuatan visanya.

Untuk memudahkan calon jemaah Kab. Demak dalam menggunakan aplikasi tersebut, Seksi PHU Kemenag Demak mengundang para Petugas Haji, diantaranya Ketua Kloter, Pendamping Ibadah Kloter, Petugas Kesehatan, dan perwakilan calon jemaah dari masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Demak untuk diberikan sosialisasi.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Kemenag Demak, H. M. Afief Mundzir hadir membuka kegiatan, didampingi Kasi PHU, H. Sujati, dan para staff PHU Kemenag Demak.

Mengawali kegiatan tersebut, Kasi PHU terlebih dahulu menyampaikan laporannya, “Kegiatan pagi ini merupakan sosialisasi rekaman biometrik untuk pengajuan visa melalui aplikasi Saudi Visa Bio,”

“Mohon untuk seluruh peserta yang diundang, usai dari kegiatan ini panjenengan semua dapat membantu calon jemaah yang lain dalam melakukan rekaman biometrik melalui aplikasi Saudi visa Bio. Saya berharap perekaman ini bisa selesai dan tuntas sebelum Hari Raya Idul Fithri, Insya Allah,” ucap H. Sujati.

Usai laporan panitia, 18 dari calon petugas yang hadir berkesempatan memperkenalkan diri. Dalam perkenalannya mereka juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Sementara itu, pada saat pengarahan, Plt. Kepala berpesan agar rekam biometrik seluruh calon jemaah haji di Demak dapat segera tuntas dengan bantuan para petugas haji dan juga perwakilan calon jemaah yang diundang dalam kegiatan ini.

“Para jemaah harus dibimbing dan didampingi dengan maksimal, jangan sampai terlena dengan kegiatan-kegiatan pribadi apapun alasannya, jangan gadaikan integritas itu dengan persoalan-persoalan pribadi,” tegas H.M. Afief Mundzir. (msr/rf).