Rakor Virtual, GusMen Tekankan Penguatan Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, H. M. Kafit beserta Kepala Madrasah Negeri dan Kepala KUA se-kabupaten Rembang mengikuti zoom meeting dengan Manteri Agama RI, Kamis (4/5/2023) dari aula PLHUT Kemenag Rembang.

Peserta menyimak arahan dari Gus Men terkait kinerja yang telah dilakukan, evaluasi program dan target yang harus dipenuhi untuk pelayanan publik yang lebih baik.

GusMen meminta seluruh satuan kerja untuk bisa lebih menyosialisasikan Moderasi Beragama ke lintas sektoral dan masyarakat luas. “Saya lihat di media sosial, penguatan moderasi beragama semakin mengendur. Saya minta dalam meningkatkan percepatan Moderasi Beragama ini perlu ditingkatkan kerja sama dengan lintas sektoral dan stakeholders lainnya. Sehingga masyarakat benar-benar bisa merasakan manfaat Penguatan Moderasi Beragama ini,” tegas GusMen.

GusMen juga menekankan, program prioritas Revitalisasi KUA segera diterapkan. Hal ini karena masih banyak KUA yang belum ideal. “Revitalisasi KUA agar segera dilaksanakan,” ujar GusMen.

Program lain yang disoroti yaitu tentang kemandirian pesantren. GusMen menekankan, program ini akan berfokus pada outcome dan kemandirian ekonomi pesantren. “Program ini diharapkan mampu menjadi daya ungkit kemandirian pesantren. Dana harus benar-benar dimanfaatkan dengan amanah,” kata GusMen.

GusMen juga meminta agar transformasi digital diterapkan di semua layanan dan agar segera diintegrasikan pada aplikasi Pusaka. “Kita dorong elemen masyarakat di luar Kemenag untuk lebih mengenali Aplikasi Pusaka ini dan menggunakannya di Android mereka,” ujar GusMen.

Kakankemenag mengimbau kepada Kepala Madrasah dan Kepala KUA untuk menindaklajuti hasil rapat ini. “Rapat ini nantinya agar digelar rutin. Kami harap semua bisa mengikuti dan segera menindaklanjuti hasil rapat,” kata Kakankemenag. — iq/rf