Ratusan Calon Peserta Didik MAN 1 Sragen Antusias Ikuti Tes Seleksi Gelombang 1

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – Sebanyak 182 calon peserta didik baru mengikuti serangkaian tes seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Gelombang 1 MAN 1 Sragen  pada Ahad, (14/05). Kegiatan seleksi ini berjalan lancar dari pagi hingga siang mulai dari tes CBT melalui aplikasi online dan dilanjutkan dengan tes wawancara.

Dalam keterangannya, Sriyono selaku ketua PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 menyampaikan bahwa penerimaan peserta didik baru jalur reguler tahun ini masih sama dengan tahun lalu yaitu melalui jalur reguler yang terbagi menjadi 2 Gelombang.

“Kami sangat bahagia, antusias calon siswa masuk MAN 1 Sragen tahun ini masih tinggi, untuk jalur reguler gelombang 1 saja sebanyak 202 pendaftar meskipun pada saat seleksi ada beberapa calon siswa yang tidak hadir dengan berbagai alasan. Untuk Tahun Pelajaran 2023/2024 ini, kami rencanakan 12 kelas dan tidak boleh lebih dari 36 siswa setiap kelasnya” ungkap Sriyono.

Selanjutnya waka kesiswaan ini menjelaskan jalannya proses seleksi. “Seleksi jalur reguler kami adakan dua tahap yaitu tes tulis melalui CBT dengan cara ujian langsung di lokasi MAN 1 Sragen dan dilanjutkan dengan wawancara  tentang kepribadian dan keagamaan’’.

Adapun teknisnya setelah siswa ujian CBT dilanjutkan dengan pindah ke ruang ujian wawancara  yang sudah siap dengan beberapa guru penguji yaitu penguji kepribadian dari guru mapel umum dan penguji keagamaan dari guru PAI. Indikator untuk wawancara siswa akan digali lebih lanjut pengetahuan agama serta penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan untuk wawancara kepribadian dengan pertanyaan tentang bakat,minat, prestasi serta hal lainnya yang berhubungan dengan siswa,” paparnya.

Windrati selaku Kepala MAN 1 Sragen juga menyampaikan motivasi kepada calon siswa baru yang akan mengikuti tes di  MAN 1 Sragen, dalam motivasinya kepala madrasah berpesan agar seluruh peserta hati- hati dalam mengerjakan soal tes dan jujur dalam menjawab pertanyaan saat sesi wawancara.

“Selamat datang kepada seluruh calon siswa MAN 1 Sragen, terimakasih banyak kepada orangtua siswa telah menemani ananda kita untuk mengikuti seluruh rangkaian tes PPDB di MAN 1 Sragen. Apalagi kami lihat banyak ananda kami dari luar kota Sragen. Semangat menimba ilmu ananda luar biasa, rela perjalanan jauh demi masa depan. Salah satu yang perlu saat menghadapi ujian adalah percaya diri, hal itu penting agar ananda dapat menyelesaikan semua soal dengan maksimal,” harapnya.

Selanjutnya Windrati dalam kesempatan  juga menyampaikan pesan, bagi siswa kami kelas reguler selamat berjuang semoga ada “berjodoh” dengan MAN 1 Sragen maka nanti kita akan bertemu. Kami memiliki berbagai program unggulan yang akan mempersiapkan ananda dalam memasuki perguruan tinggi setelah ini. Selain itu kita memiliki berbagai sarana prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar yang memadai serta guru profesional yang handal di bidangnya. Selain dibekali dengan ilmu umum ananda juga akan ditempa disini dengan keahlian keagamaan,life skill  yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan masyarakat.

Pada pertemuan ini Windrati juga mengutip Hadits Riwayat Tirmidzi, “Barangsiapa yang pergi menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah hingga ia pulang kembali. Jadi dengan perjuangan ananda pada hari ini semoga membuahkan hasil yang terbaik untuk masa depanmu,” kata Windrati.(wvz/ue/Sua)