Sambut Gelaran Wisuda Mumtaza, MIN 1 Rembang adakan Lomba Tahfidz Tingkat Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 1 Rembang — Dalam rangka menyambut gelaran wisuda Mumtaza (Murid MI Tahfidz Juz Amma) yang akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Kemenag Rembang Bersholawat, tanggal 21 Desember 2022, MIN 1 Rembang menggelar lomba tahfidz tingkat satuan pendidikan.

Lomba ini dilaksanakan pada Senin, 12 Desember 2022,  sebagai wujud seleksi peserta yang akan dikirim dalam gelaran wisuda Mumtaza. Sebagaimana disepakati bersama di tingkat Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah sebagai organisasi yang menyelenggarakan wisuda Mumtaza, setiap MI hanya diberi jatah 3 siswa yang bisa mengikuti gelaran wisuda Mumtaza di Kabupaten Rembang

“Karena itu, MIN 1 Rembang berinisiatif untuk menyelenggarakan seleksi peserta yang dikemas dalam kegiatan lomba tahfidz,” kata Kepala MIN 1 Rembang, Ahmad Fahimi di sela-sela lomba.

Nikmatin, sebagai guru pembimbing Tahfidz MIN 1 Rembang, kegiatan lomba ini harus dilakukan mengingat sudah banyak siswa MIN 1 Rembang yang hafal Juz amma. “Ada lebih dari 35 siswa yang telah hafal Juz Amma, sehingga perlu diseleksi siapa yang berhak mengikuti wiisuda Mumtaza di tingkat kabupaten,” ujar Nikmatin.

Selain itu kegiatan lomba ini juga termasuk dalam salah satu jenis lomba yang ada dalam rangkaian kegiatan Class Meeting yang diselenggarakan pasca PAS sampai menjelang penerimaan Raport. “Ada banyak rangkaian lomba-lomba dalam kegiatan class meeting kali ini, mulai dari olahraga, akademik serta Seni, dan Lomba Tahfidz adalah salah satunya,” ujar Sadhikul Aziz selalu ketua Panitia Kegiatan Class Meeting MIN 1 Rembang.

Sementara itu Kepala MIN 1 Rembang, Ahmad Fahimi, mengatakan sangat mensupport kegiatan class meeting. “Alhamdulillah pendemi sudah mereda, sehingga kegiatan class meeting bisa kita laksanakan. Kegiatan ini sebagai ajang pencairan bakat siswa MIN agar bisa kita asah lebih lanjut sehingga bisa mengantarkan para siswa berprestasi ditingkat selanjutnya,” ujar Fahimi.

Fahimi menambahkan, kegiatan class meeting juga sebagai ajang pemanasan siswa untuk menghadapi gelaran lomba Gelora Aksi tingkat Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Rembang di tahun 2023. “Kebetulan saya juga sebagai sekretaris KKMI, yang mana salah satu program KKMI di tahun 2023 adalah menyelenggarakan kegiatan Gelar lomba olahraga, akademik  dan Seni (Gelora Aksi) tingkat kabupaten Rembang. Jadi kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan,” tambah Fahimi. – fahimi/iq/rf