Siap Gelar KSM, Kakankemenag Berikan Motivasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PURWOREJO – Penyelenggaraan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Purworejo diawali dengan kegiatan Pembukaan dan Motivasi Pembekalan bertempat di aula Kemenag pada Rabu (5/7/2023). Hadir dalam kegiatan tersebut secara daring maupun luring, Komite KSM yang terdiri dari unsur Kemenag dan kepala madrasah yang bekerjasama dengan KKM MI, MTs, dan MA.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Purworejo, Dra. Hj. Zamkoni dalam laporannya menyebutkan bahwa KSM tahun 2023 tingkat kabupaten dilaksanakan pada tanggal 8 s.d. 10 Juli 2023 secara daring dimana peserta mengikuti KSM dari titik lokasi yang telah ditentukan tempatnya oleh Komite Kabupaten. “Untuk KSM tingkat provinsi, titik lokasi ditentukan oleh Komite Provinsi, sedangkan tingkat nasional akan diselenggarakan secara terpusat di Kendari, Sulawesi Tenggara,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, H. Aziz Muslim, M.Pd.I. hadir untuk membuka KSM Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Purworejo. Dalam sambutannya, Aziz Muslim menyampaikan motivasi dan harapannya. “Dalam sebuah kompetisi, menang-kalah adalah hal biasa. Yang terpenting bagaimana kita berproses untuk dapat menjadi yang terbaik. Tanamkan kepada anak didik untuk bermental juara dan memiliki semangat juang tinggi untuk menjadi yang terbaik,” pesan Kakankemenag. “Berhubung sudah belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, diharapkan setiap satker madrasah dapat memberikan yang terbaik dalam kompetisi ini di semua aspek. Hal ini selaras dengan tujuan diselenggarakannya KSM yaitu membangun citra madrasah sebagai basis pengembangan rohani, jasmani, skill dan intelektualitas,” sambungnya.

Mapel yang dilombakan pada gelaran KSM Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Purworejo di tingkat Ibtidaiyah adalah Matematika dan IPA; tingkat Tsanawiyah yaitu Matematika, IPA, dan IPS; sedangkan tingkat Aliyah yaitu Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi dengan total jumlah peserta 343 siswa. (sgy/bd)