Tahun Ini, PPG PAI Diprediksi Diadakan Agustus 2021

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam (PPG PAI) sekolah umum di Kabupaten Rembang direncanakan akan diadakan Agustus 2021. Hal ini karena Kemenag Rembang belum bisa memfasilitasi PPG tahap I yang akan digelar usai lebaran yang dananya bersumber dari APBN maupun APBD.

Hal itu ditegaskan oleh Kasi Pendidikan Agama Islam Kemenag Rembang Sarip dalam acara Sosialisasi Manajemen Siaga hari kedua yang digelar pada Kamis (1/4/2021) di Hotel Kencana Rembang.

Sarip mengatakan, PPG tahap I rencananya akan diadakan usai lebaran. PPG tahap I ini bersumber dari dana APBD. Namun karena belum ada anggaran dari APBD untuk PPG tahap I ini, maka kemungkinan guru PAI yang mengajukan PPG bisa mengikuti PPG tahap II yang rencananya akan digelar Agustus 2021.

“Untuk Rembang, belum ada APBD untuk rencana pelaksanaan PPG tahap I. sehingga kemungkinan guru PAI yang ingin mendapatkan sertifikasi bisa mengikuti PPG tahap II sekitar Agustus 2021,” kata Sarip kepada peserta.

Untuk mengupayakan pelaksanaan PPG tahap II tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten pada semester II tahun 2021. “Kita akan membahas dengan pemerintah setempat tentang anggaran perubahan. Kita upayakan ada anggaran untuk PPG tahap II ini. Jika tetap tidak berhasil, maka kemungkinan akan diadakan tahun depan, ”paparnya.

Untuk diketahui, skema anggaran PPG PAI terdiri atas dua sumber. Pertama, untuk PPG PNS bersumber dari APBN dan APBD. Sementara untuk non PNS dianggarkan dari tiga sumber, yaitu APBN, APBD atau diadakan oleh lembaga pendidikan tertentu. “Kita berdoa saja semoga tahun ini ada pelaksanaan PPG,” ujar Sarip .– iq