Tekan Nikah Usia Dini, Sejumlah Siswa MA Riyadlotut Tholabah Dibekali Bimbingan Pernikahan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MA Riyadl (Humas)- Peserta didik MA Riyadlotut Thalabah yang tergabung dalam Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dan Pramuka mengikuti bimbingan Perkawinan Remaja Usia Sekolah (BRUS) yang diselenggarakan oleh Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Senin (20/6/2022) di Auditorium Al-Munawwir IV F.

Kegiatan bimbingan ini dibuka langsung oleh Kasi Bimas Kemenag Rembang Ali Muchyidin, yang turut memberikan sambutan pada pembukaan bimbingan perkawinan.

Ali mengatakan, biasanya kegiatan bimbingan ini dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA), dengan mengawasi calon-calon pengantin, maupun kegiatan yang ada didalamnya. Selain itu ia takjub dengan MA Riyadlotut Thalabah. Pasalnya sudah beberapa kali berkunjung dan bangunan madrasah menurutnya tidak jauh berbeda dengan UIN Walisongo Semarang.

“Sekarang ini luar biasa, Seksi Bimas bisa masuk ke Madrasah. Namun bukan berarti mengajak anak-anak untuk menikah, justru untuk menekan angka pernikahan di usia remaja. Maka dari itu kita memiliki tiga program, yaitu program bimbingan nikah untuk calon pengantin yang sudah mendaftar di KUA, kedua bimbingan perkawinan untuk remaja usia nikah, dan yang ketiga bimbingan perkawinan remaja usia sekolah, seperti yang sedang kita laksanakan hari ini,” ujar Ali.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan BRUS ini akan memberikan wawasan kepada peserta didik mengenai pengelolaan emosi sebagai seorang siswa, ¬Self Protection atau mengamankan diri, pemahaman relasi sosial, dan cara mengambil keputusan yang tepat untuk remaja. Sehingga dari keempat pengetahuan tersebut peserta didik dapat menjadi generasi yang unggul dan bermanfaat untuk orang lain di masa mendatang.

Pada kesempatan yang sama, kepala MA Riyadlotut Thalabah, Anshori, menyampaikan terima kasih kepada Kemenag Rembang atas bimbingan yang diberikan kepada peserta didik MA Riyadlotut Thalabah.

“Ini merupakan suatu kesempatan yang betul-betul sangat bermanfaat bagi kami, terutama bagi siswa-siswi. Harapannya siswa-siswi yang mengikuti bimbingan bisa melakukan desiminasi kepada teman-temannya yang belum bisa bergabung,” Imbuhnya.

Ia berpesan kepada peserta didik yang hadir, supaya dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, memahami materi-materi yang akan disampaikan, sehingga nanti dapat melakukan desiminasi kepada teman-teman. – nawal/iq/Rf