Tinjau ANBK, Kankemenag Sragen Berharap Kualitas Pendidikan Madrasah Meningkat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Sragen (Humas) – Menindaklanjuti ketentuan dari Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, MTs N 2 Sragen melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023/2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai hari Rabu sampai Kamis, 20-21 September 2023.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023 adalah program berbasis daring yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek sebagai upaya penilaian terhadap mutu setiap sekolah/madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar hingga menengah. Selain itu, ANBK ini dilakukan untuk menilai sisi kognitif dan nonkognitif siswa.

Kepala Kankemenag Kabupaten Sragen, H. Ihsan Muhadi berkenan hadir pada hari pertama ANBK untuk   memonitoring  kegiatan ANBK  di MTs N 2 Sragen. Dalam kesempatan tatap muka dengan peserta ujian, pengawas ujian, proktor dan teknisi, Ihsan Muhadi  mengatakan bahwa ANBK bukan penentu kelulusan, tetapi sebagai tolak ukur keberhasilan siswa dalam rangka belajar literasi dan numerasi di madrasah.

“ANBK tidak menentukan kelulusan, sebab Asesmen Nasional diberikan kepada siswa bukan di akhir jenjang satuan pendidikan. Asesmen Nasional juga tidak digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen,” kata Ihsan Muhadi.

“Hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Dari hasil kelulusan nantinya juga akan terlihat bagaimana program pembelajaran selama ini yang sudah disusun tepat atau tidak. Semoga kualitas pendidikan di MTsN 2 Sragen dapat meningkat sesuai dengan tujuan dari pelaksanaan ANBK. Tetap semangat kerjakan dengan baik, benar, jangan lupa usaha dan juga doa,” pungkas Ihsan.

Lebih lanjut, Ihsan berharap kegiatan ANBK dapat berjalan lancar tanpa ada kendala. Sedangkan proses pembelajaran juga dilakukan seperti biasa tanpa menyebabkan terbengkalainya belajar mengajar yang tetap berlangsung sesuai jadwal.

Usai meninjau ruang ujian ANBK, Kakankemenag memberikan motivasi kepada proktor agar tetap sabar dan semangat mendampingi peserta ANBK meskipun ada beberapa kendala teknis dari pusat.(Zhr/Sua)