Upacara Hari Jadi Ke-520, Bupati Demak Fokus Tingkatan Pelayanan Publik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Kabupaten Demak memperingati hari jadinya yang ke-520 pada tanggal 28 Maret 2023. Upacara peringatan dilaksanakan secara sederhana di Halaman Sekretariat Daerah (Setda) pagi ini, Selasa (28/03).

Tidak banyak yang diundang dalam mengikuti upacara hari ini, karena bertepatan dengan bulan suci ramadan sehingga Pemerintah Daerah mengadakan upacara yang sederhana namun tetap hikmat. Nampak tak lebih dari 200 orang yang mengikuti upacara.

Dikutip dari website Dinkominfo Demak, Hari Jadi Kabupaten Demak yang jatuh pada 28 Maret merupakan hari penobatan Raden Patah sebagai Pemimpin Kadipaten Bintoro yang saat ini dikenal sebagai Kabupaten Demak.  Dalam sejarahnya, awalnya Raden Fatah membuka pemukiman yang diberi nama Bintoro dengan tujuan untuk menyiarkan agama Islam.

Bintoro waktu itu bisa berkembang sangat pesat, tidak hanya sebagai pusat penyiaran agama Islam, tetapi juga menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, militer, perdagangan, dan pengembangan budaya Islam di Indonesia.

Sejarah panjang tersebut yang hingga saat ini diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Demak, puncak kegiatan dari peringatan hari jadi ke-520 adalah diadakannya upacara bendera yang dilaksanakan tepat pada tanggal 28 Maret.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Hj. Eisti’anah, selaku Bupati Demak. Hadir pula Kasubbag TU Kemenag Demak, H. Nur Fauzi, di tribun kehormatan bersama jajaran Forkopimda dan Para pejabat di lingkup Pemda Demak.

Dalam sambutannya, Bupati Demak mengingatkan tentang peningkatan pelayanan bagi jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), “Kita harus fokus meningkatkan pelayanan publik dan pemerataan pembangunan melalui pemanfaataan teknologi informasi. Untuk itu dibutuhkan kerjasama, kerjakeras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas,”

Diakhir sambutannya, Bupati juga mengingatkan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang menjadi tugas kita bersama, “Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama, bersinergi membangun demak tercinta. Dirgahayu ke-520 Kabupaten Demak, ayo bangkit bersama untuk Demak, bermartabat, maju, dan sejahtera.” Pungkas Bupati.

Seluruh rangkaian upacara pagi ini berlangsung hikmat dan lancar. Upacara ditutup dengan Doa yang dibacakan oleh Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Demak, H. Ali Sugiyanto.(msr/rf)