UPT Puskemas Sedan Berikan Pelatihan Kesehatan Gigi di MI Hidayatus Shibyan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Siswa kelas 1 MI Hidayatus Shibyan belajar untuk menyikat gigi dengan baik dan benar bersama Ibu A’izzatin dari UPT Puskesmas Sedan. Giat ini diadakan pada Senin (20/06/22) tepat pukul 08.15 WIB dalam bingkai Kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS).

Kepala Madrasah, Ali Hasan saat di wawancarai mengatakan, sebetulnya kegiatan ini dijadwalkan oleh Puskesmas pada akhir Mei 2022. “Namun karena padatnya agenda dan libur nasional, penjadwalan minta mundur sampai ada konfirmasi lanjutan dari
Madrasah,” katanya.

Sehari sebelum pelaksanaan kegiatan sikat gigi, siswa diberikan informasi oleh guru kelas agar membawa sikat gigi, pasta gigi, dan gelas.

A’izzatin didampingi bu Nashiroh (guru kelas 1) di dalam ruang kelas terlebih dahulu memberikan penjelasan terkait pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut apalagi saat masa pertumbuhan. Selanjutnya, anak – anak diberikan simulasi tata cara menyikat gigi yang baik dan benar dengan didukung alat peraga.

“Gigi sehat dan bersih, maka organ tubuh yang lain juga akan ikut sehat,” imbuh A’izzatin.

Setelah memahami tutorial menggosok gigi yang disampaikan, anak – anak kemudian diajak keluar ruangan dengan membawa perlengkapan yang dibawa dari rumah dan mempraktikkannya.

Salah satu siswa kelas 1, Fahri merasa senang dan baru tahu ternyata kegiatan yang saya lakukan setiap hari ada tata caranya, pangkasnya.

A’izzatin berpesan agar setiap hari bisa rutin menggosok gigi. Sebab menjaga kebersihan dan kesehatan itu wajib. Jika ada gejala bisa segera memeriksakan ke dokter gigi. — (musthofa-iq/Rf)