Kankemenag Sragen Bekali Sejak Dini Calon Jemaah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen mengadakan Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun. Kegiatan diadakan di Aula PLHUT, Selasa, (22/08). Kegiatan yang diikuti 100 peserta yang terdiri dari calon jemaah haji dan ketua KBIHU di Kabupaten Sragen tersebut menghadirkan 3 narasumber. Narasumber yang yang menyampaikan paparan adalah Hj. Endang Maria Astuti (Anggota Komisi 8 DPR RI), dr. Hj. Udayanti Proborini (Kepala Dinas Kesehatan) dan KH. dr. Agus Budiarto (Ketua FKBIHU Sragen).

Dalam laporan kegiatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen H. Ihsan Muhadi menyampaikan bahwa tujuan kegiatan adalah memberikan bekal awal kepada calon Jemaah haji sebelum melaksanakan ibadah haji di tahun mendatang.

“Ada 3 tujuan kami mengundang Bapak Ibu pada kegiatan ini, pertama agar calon jemaah haji nanti memahami pelaksanaan ibadah haji dari hal-hal yang kecil sampai dengan yang besar. Kedua agar bisa mengetahui tata Kelola haji dan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan haji. Ketiga adalah memberikan motivasi kepada calon jemaah haji agar mempersiapkan sejak dini baik jasmani maupun rohani,” kata Kakankemenag.

Ihsan Muhadi menambahkan, “Yang kami undang saat ini memang masih terbatas, maka silahkan bekal awal ini bisa disampaikan kepada yang lain. Kedepan tentu akan kami adakan Latihan manasik haji bagi calon Jemaah haji tahun 2024”.

Usai laporan kegiatan, acara dilanjutkan paparan dari 3 narasumber. Hj. Endang Maria Astuti menyampaikan tentang Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji dilanjutkan paparan tentang pelaksanaan/manasik haji khususnya DAM oleh KH. dr. Agus Budiarto dan terakhir tentang Kesehatan Jemaah Haji oleh dr. Hj. Udayanti Proborini.(ir/Sua)