Ketua DWP Kankemenag Kota Salatiga Pimpin Rakor Persiapan Tes IVA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)  Persiapan Pelaksanaan Tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan SADANIS (Periksa Payudara Klinis), diruang Kerja Kepala Kemenag Kota Salatiga, Senin (18/7/22).

Tampak hadir Ketua DWP Kankemenag Kota Salatiga, beserta sejumlah pengurus DWP Kankemenag kota Salatiga.

Dalam laporannya yang disampaikan oleh Sekretaris DWP Kankemenag Kota Salatiga, Hj. Khusnul Khotimah mengatakan rapat persiapan kali ini digelar menindaklanjuti hasil Rakor DWP Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Pro. Jateng melalui zoom meeting, Selasa (12/7/2022).

Ditambahkan oleh Khusnul Khotimah setelah koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Salatiga maka segera dibentuk kepanitiaan dalam rangka pelaksanaan tes IVA dan Sadanis, yang rencananya akan serentak dilaksanakan oleh DWP Kemenag se Indonesia pada tanggal, 10 Agustus 2022.

Dalam  sambutannya Ketua DWP Kankemenag Kota Salatiga, Hj.Qiqi Taqiyah menyampaikan perihal persiapan pelaksanaan tes IVA dan SADANIS yang merupakan salah satu program dari DWP Kemenag RI ” Gerakan Kesehatan Bagi Masyarakat” dalam rangka memeriahkan HUT RI yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan.

“Pemeriksaan IVA bertujuan untuk mendeteksi kelainan pada mulut rahim atau kanker serviks (kanker yang muncul pada sel-sel di leher rahim), sedangkan SADANIS merupakan pemeriksaan terhadap deteksi dini kanker payudara. Beda SADANIS dengan SADARI adalah, jika SADARI merupakan pemeriksaan oleh diri sendiri, sedangkan kalau SADANIS merupakan deteksi dini kanker payudara yang dilakukan oleh tenaga medis,” jelas Qiqi.

“Hal ini menjadi perhatian khusus, karena penyakit kanker tersebut merupakan peringkat kedua kasus penyebab kematian pada wanita di Indonesia,” sambungnya.

Lebih lanjut Qiqi mengatakan target peserta di Jawa Tengah sebanyak 150. Untuk 50 sasaran berasal dari DWP Kota Semarang, Kanwil Kemenag Prov. Jateng dan BDK (Balai Diklat Keagamaan) Semarang, dan 100 peserta lainnya dari DWP Kabupaten/Kota se-Jateng. Maka Untuk itu masing-masing Kab/kota ditetapkan 10 peserta ,” tambahnya.

Selanjutnya Qiqi menjelaskan pendataan keikutsertaan dari anggota mengikuti tes IVA dilakukan dari tanggal, 18 Juli s.d 3 Agustus 2022, yang pendaftarannya melalui link yang telah dipersiapkan oleh Panitia.

“Untuk itu kami mohon masing-masing peserta untuk mempersiapkan dengan baik, artinya peserta yang betul-betul memenuhi syarat, sehingga target yang telah ditetapkan bisa tercapai, bahkan terlampaui sehingga pada hari H nya acara dapat berjalanan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya.(Humas).